Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konstruktivistik pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas X GRB 1 SMKN 3 Buduran Sidoarjo / Nurita Cahya Pratiwi

Pratiwi, Nurita Cahya (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konstruktivistik pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas X GRB 1 SMKN 3 Buduran Sidoarjo / Nurita Cahya Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Konstruktivistik, Menggambar dengan Perangkat Lunak. Sebagai manifestasi dan implementasi pembelajaran yang berbasis konstruktivistik maka diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang lebih operasional, salah satunya berupa bahan ajar. Beberapa pengembangan perangkat pembelajaran yang berbasis konstruktivistik belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang berbasis konstruktivistik dengan materi pokok pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak. Pengembangan perangkat pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam mengajarkan materi pokok pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak yang berbasis konstruktivistik. Konstruktivistik disini adalah menekankan bahwa belajar tidak hanya sekedar menghafal melainkan siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru agar siswa benar-benar memahami dan menerapkan pengetahuan, belajar memecahkan masalah yang sesuai untuk dirinya dalam pembelajaran dengan menggunakan modul dan tutorial dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction). Metode pengembangan ini menggunakan model yang direkomendasikan oleh Thiagarajan dkk (1974), yakni meliputi Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) merupakan tahap-tahap dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli (pakar) terdiri dari dua orang dosen jurusan teknik sipil di Universitas Negeri Malang dan satu orang guru di SMKN 3 Buduran Sidoarjo. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian dan tanggapan terhadap perangkat pembelajaran. Selain itu perangkat pembelajaran ini juga dinilai tingkat kevalidannya melalui lembar respon siswa kelas X GRB 1 SMKN 3 Buduran Sidoarjo dalam ujicoba perseorangan dan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif Produk yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaran kelas X GRB 1 SMKN 3 Buduran Sidoarjo untuk materi pokok pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa: bahan ajar yang terdiri dari modul dan tutorial dan RPP menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) beserta instrumen penilaiannya. Hasil penilaian perangkat pembelajaran secara keseluruhan dari semua validator diperoleh nilai rata-rata 3,31 untuk RPP, 3,14 untuk modul dan 3,11 untuk tutorial, dan tingkat kevalidan melalui lembar respon siswa menunjukkan respon positif siswa sebesar 85,99% sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran tergolong valid dan dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43966

Actions (login required)

View Item View Item