Penerapan kurikulum berbasis karakter pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo / Kukuh Sakti Wahono

Wahono, Kukuh Sakti (2012) Penerapan kurikulum berbasis karakter pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo / Kukuh Sakti Wahono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: kurikulum, karakter, pelaksanaan kurikulum Pendidikan karakter merupakan satu kesatuan program Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pendidikan karakter harus tertera dalam KTSP mulai dari visi, misi, tujuan, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sehubungan dengan penerapan kurikulum berbasis karakter dibutuhkan penelitian mengenai penerapan kurikulum berbasis karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan nilai karakter pada komponen kurikulum dan pelaksanaan kurikulum berbasis karakter pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Penelitian menggunakan rancangan penelitian jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah: penentuan sampel jumlah siswa tiap kelas dan guru dengan menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin. Pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket dengan skala likert. Analisis hasil penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan kurikulum berbasis karakter di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo termasuk dalam kategori baik, yang dapat dilihat dari: (1) kajian pada visi, misi, tujuan pendidikan, struktur muatan, kalender akademik, silabus, dan RPP yang sudah mengintregrasikan nilai-nilai karakter didalam setiap komponen. (2) Pelaksanaan Kurikulum berbasis karakter tergambar melalui respon guru terhadap siswa dan sebaliknya. Terlebih terlihat dari paparan hasil penelitian melalui instrumen angket yang rata-rata tiap indikator menunjukan pada kategori baik dalam menunjukan terintegrasikannya nilai-nilai karakter pada kelengkapan dan tahapan pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, disarankan (1) kepada guru, dalam pelaksanaan kurikulum berbasis karakter diharapkan guru lebih meningkatkan penerapan nilai karakter baik secara implisit dan eksplisit dalam proses belajar mengajar, mendorong siswa dalam upaya menciptakan kondisi lingkungan yang mendukung kegiatan pembelajaran, dan lebih mengembangkan sikap keteladanan kepada siswa. (2) Kepada pihak sekolah, untuk melakukan penilaian keberhasilan dan supervisi mulai dari menelaah kembali komponenkomponen kurikulum dan pelaksanaan semua kegiatan yang berkaitan dengan penerapan kurikulum berbasis karakter. (3) Untuk peneliti lebih lanjut, disarankan untuk melakukan penelitian terkait pelaksanaan pendidikan karakter disemua bidang keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo agar memunculkan karakter utama sekolah sesuai tujuan dari kurikukulum berbasis karakter yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43965

Actions (login required)

View Item View Item