Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Mattch pada mata diklat ilmu statika dan tegangan untyuk meningikatkan hasil belajar siswa kelas X gambar b angunan SMKN 6 Malang / Ahmad Hafidh Ridlo

Ridlo, Ahmad Hafidh (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Mattch pada mata diklat ilmu statika dan tegangan untyuk meningikatkan hasil belajar siswa kelas X gambar b angunan SMKN 6 Malang / Ahmad Hafidh Ridlo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: penerapan, pembelajaraan kooperatif, make a match, hasil belajar Berdasarkan data hasil belajar siswa mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan dan hasil wawancara dengan guru pengampu, bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa dalam mata diklat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: (a) sulitnya daya serap siswa dalam memahami pengetahuan dasar statika, (b) kurangnya antusias/bosan dan semangat siswa ketika mengikuti KBM, (c) masih banyak siswa yang mengobrol di luar konteks materi pelajaran, (d) siswa kurang aktif dalam bertanya kepada guru mengenai materi pelajaran yang belum dipahami. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimanakah kegiatan pembelajaran Make a Match dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan di SMKN 6 Malang. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui metode yang sesuai dengan mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes/ulangan. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan tiga kali pertemuan disetiap siklusnya, yaitu: (1) penerapan latihan soal, (2) ulangan/post test, dan (3) penerapan Make a Match. Penerapan latihan soal dilakukan kepada siswa dengan memberikan latihan soal untuk mengasah dan membiasakan siswa untuk mengetahui kemampuannya. Ulangan sebagai tindak lanjut dari hasil penerapan latihan soal yang telah diterapkan pada pertemuan pertama. Penerapan Make a Match digunakan untuk mengaktifkan siswa di kelas/luar kelas dengan sitem permainan kartu dan berfungsi meningkatkan kebiasaan siswa dalam berkomunikasi. Hasil dan pembahasan penelitian tersebut disimpulkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran Make a Match pada mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan di kelas X GB 2 di SMKN 6 Malang meningkatkan efektifitas siswa dalam berinteraksi pada kegiatan belajar mengajar, (2) penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan di kelas X GB 2 di SMKN 6 Malang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 26.46%. Peningkatan angket observasi yang dihasilkan pada pertemuan 1 di siklus 1 dan 2 menerapkan latihan soal sebesar 38.36%, pertemuan 2 menerapkan ulangan sebesar 26.10%, dan pertemuan 3 menerapkan Make a Match sebesar 8.46%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43964

Actions (login required)

View Item View Item