Pengembangan modul pembelajaran teknologi finishing kayu mata kulia Workshop kayu Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Rizki Rosphiani Wulandari

Wulandari, Rizki Rosphiani (2012) Pengembangan modul pembelajaran teknologi finishing kayu mata kulia Workshop kayu Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Rizki Rosphiani Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: modul pembelajaran, teknologi finishing kayu Teknologi finishing kayu merupakan bagian yang menjadi salah satu materi dalam mata kuliah workshop kayu. Dari hasil observasi yang dilakukan di Jurusan Teknik Sipil Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Universitas Negeri Malang (UM), ditemui suatu permasalahan yaitu kesulitan menyediakan cukup waktu untuk penyampaian materi teknologi finishing kayu serta hasil belajar yang kurang baik disebabkan karena keterbatasan bahan ajar. Berangkat dari permasalahan di atas, dicoba atasi dengan menyajikan materi teknologi finishing kayu melalui pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berupa modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran teknologi finishing kayu yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang lebih baik. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi. Adapun langkah pengembangan yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi masalah dan kebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) penyusunan produk, (6) validasi produk, (7) revisi produk, (8) uji coba terbatas, dan (9) revisi produk. Materi dalam modul pembelajaran yang dikembangkan disesuaikan dengan SK/KD yang sudah ditentukan dalam silabus mata kuliah workshop kayu Program Studi PTB UM, yakni Standar Kompetensi (SK) melakukan pekerjaan finishing kayu yang meliputi empat Kompetensi Dasar (KD) yaitu, (1) bahan finishing, (2) teknologi finishing kayu dengan politur, (3) teknologi finishing kayu dengan cat enamel, dan (4) teknologi finishing kayu dengan melamin. Validator produk terdiri dari 3 dosen teknik sipil berpengalaman mengajar teknologi finishing kayu dan dengan pendidikan minimal S2, yakni 2 orang dosen sebagai ahli materi dan 1 orang dosen sebagai ahli media. Subjek sasaran produk adalah 20 orang mahasiswa PTB UM yang bertindak sebagai responden terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Modul pembelajaran teknologi finishing kayu mencapai tingkat kelayakan oleh ahli materi dengan persentase masing-masing adalah 88,89% dan 87,22%, sedangkan hasil validasi oleh ahli media mencapai tingkat kelayakan dengan prosentase 98,44%. Hasil uji coba terbatas mencapai tingkat kelayakan dengan rata-rata prosentase 92,72%. Hasil prosentase validasi di atas tergolong kualifikasi sangat valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran teknologi finishing kayu layak untuk digunakan dalam pembelajaran matakuliah workshop kayu Program Studi PTB UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43961

Actions (login required)

View Item View Item