Kurniawan, Ardian Yosi (2012) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa S1 PTB pada matakuliah matematika teknik, mekanika statis tertentu dan gambar bangunan berdasarkan latar belakang sekolah / Ardian Yosi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Prestasi Belajar Latar Belakang Sekolah. Input dari penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Malang tentunya dari berbagai macam latar belakang pendidikan yang berbeda yaitu dari SMA dan SMK. Dalam hal ini tentunya terdapat perbedaan persepsi mahasiswa tentang matakuliah khususnya pada matakuliah Matematika teknik Mekanika Statis Tertentu dan Gambar Bangunan. Perbedaan persepsi tentang matakuliah ini nantinya akan berdampak pada prestasi belajar mahasiswa.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang sekolah mahasiswa FT UM. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif nonekperimental dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiawa angkatan tahun 2007 2008 dan 2009 S1 PTB UM sebanyak 158 yang sekaligus menjadi sampel penelitian dengan menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menguji hipotesis penelitian ini data dianalisis secara deskriptif. Selain itu data juga dianalisis menggunakan uji analisis One Way Anova dengan menggunakan Stastical Program for Social Caint (SPSS) 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian data diketahui bahwa pada matakuliah Matematika Teknik nilai yang lebih tinggi adalah mahasiswa berlatar belakang SMA. Pada matakuliah Mekanika Statis Tertentu nilai yang lebih tinggi adalah mahasiswa berlatar belakang SMA. Pada matakuliah Gambar Bangunan nilai yang lebih tinggi adalah mahasiswa berlatar belakang SMK. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiawa berdasarkan latar belakang sekolah dan terdapat interaksi antara latar belakang sekolah dan matakuliah Matematika Teknik Mekanika Statis Tertentu dan Gambar Bangunan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. . Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk mahasiswa yang berlatar belakang SMA lebih meningkatkan prestasi belajar pada matakuliah gambar bangunan sedangkan untuk mahasiswa yang berlatar belakang SMK diharapkan lebih meningkatkan prestasi belajar pada matakuliah matematika teknik dan mekanika statis tertentu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |