Kajian kestabilan konstruksi joglo akibat beban gempa dengan penambahan struktur balok tumpang sari menggunakan metode analisis numeris / Kuncoro Robert Agus Safrudin

Safrudin, Kuncoro Robert Agus (2012) Kajian kestabilan konstruksi joglo akibat beban gempa dengan penambahan struktur balok tumpang sari menggunakan metode analisis numeris / Kuncoro Robert Agus Safrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Kontruksi Joglo, Tumpang sari, Gempa. Kontruksi utama pada bangunan joglo terdiri atas soko guru, sunduk kili, dan tutup kepuh yang bertumpu pada umpak. Pada beberapa rumah terdapat penambahan balok tumpang sari pada struktur utama bangunannya. Penambahan ini selain menambah tingkat kemewahan bangunan juga sebagai penahan gaya lateral. Salah satu beban lateral yang terjadi pada bangunan adalah beban gempa. Dikarenakan wilayah Jawa termasuk daerah gempa III (gempa sedang), maka perlu dilakukan perencanaan bangunan tahan gempa pada rumah-rumah di Jawa. Dikarenakan terdapat tipe bangunan joglo dengan jumlah balok tumpang sari yang berbeda, maka penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kestabilan kontruksi joglo dengan penambahan balok tumpang sari akibat beban gempa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan cara analisis numeris dalam melihat kestabilan kontruksi joglo. Indikator kestabilan pada penelitian ini adalah simpangan bangunan. Subjek penelitian yang dipakai adalah menggunakan struktur balok tumpang sari berjumlah 0, 3, 5, dan 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyaknya jumlah balok tumpang sari yang dipakai, lebih berpengaruh terhadap penambahan beban bangunan dari pada peningkatan kekuatan lateral bangunan joglo. Sedangkan pada proporsi jumlah balok tumpang sari tertentu, terjadi penurunan nilai simpangan bangunan joglo. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin banyak balok tumpang sari yang dipakai, dapat menurunkan kestabilan bangunan joglo. Balok tumpang sari ini dapat meningkatkan kestabilan bangunan joglo apabila dalam proporsi jumlah tertentu, yang di dukung dengan proporsi dimensi tumpang sari, sukduk kili, tutup kepuh dan soko guru tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43956

Actions (login required)

View Item View Item