Arsa, I Made Rai (2012) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 1 Denpasar / I Made Rai Arsa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran karakter Pembelajaran berbasis karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati pikir raga serta rasa dan karsa. Karakter dimaknai sebagai nilai dasar yang membangun pribadi seseorang terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan yang membedakannya dengan orang lain serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Denpasar Bidang Keahlian Teknik Bangunan Gedung. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik sampel. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah (1) penentuan sampel kelas untuk tiap tingkatan (2) dari sampel kelas kemudian dipilih jumlah siswa dengan teknik random sampling 10% dari jumlah siswa (3) untuk sampel guru karena jumlah guru hanya 29 maka semua dijadikan responden. Pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket dengan skala likert. Analisis hasil penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 1 Denpasar termasuk dalam kategori baik yang dapat dilihat dari (1) perencanaan pembelajaran berbasis karakter (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter (3) evaluasi hasil pembelajaran berbasis karakter. Perencanaan pembelajaran berbasis karakter yang sudah baik yang telah sesuai dengan pedoman pembelajaran berbasis karakter yaitu silabus berkarakter RPP berkarakter media pembelajaran dan sumber belajar karakter. Untuk pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter dengan skor umum rata-rata 2 96 dan dengan skor tertinggi adalah 3 3 sedangkan skor terendah adalah 2 6. Pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 1 Denpasar Bidang Keahlian Teknik Bangunan Gedung termasuk dalam kategori baik. Sedangkan untuk evaluasi hasil pembelajaran berbasis karakter dengan skor umum rata-rata 2 81 dan skor tertinggi yaitu 3 2 sedangkan skor terendah adalah 2 45. Dengan demikian evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 1 Denpasar Bidang Keahlian Teknik Bangunan Gedung termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil evaluasi dalam penelitian ini disarankan (1) kepada guru perencanaan pembelajaran berbasis karakter perlu adanya perbaikan-perbaikan yang sesuai dengan konsep dan model pendidikan karakter untuk menyempurnakan proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter diharapkan guru lebih meningkatkan penerapan nilai/karakter dalam proses belajar mengajar memotivasi siswa serta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil pembelajaran berbasis karakter masuk kategori baik maka guru harus meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran untuk mendapatkan karakter siswa yang sangat baik. (2) kepada pihak sekolah Untuk membiasakan siswa berperilaku berkarakter maka disarankan untuk membuat tata tertib yang lebih ketat lagi. Disamping itu untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter disarankan untuk lebih sering mengadakan pembinaan tentang pembelajaran berbasis karakter kepada guru-guru di SMK Negeri 1 Denpasar. (3) Untuk peneliti lebih lanjut disarankan untuk mengambil sampel di semua bidang keahlian sehingga mendapatkan gambaran karakter seluruh siswa di SMK Negeri 1 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43953 |
Actions (login required)
View Item |