Analisis kinerja angkutan kota di kota Malang (Studi kasus trayek Hamid Rusdi-Mergan-Landungsari) / Julia Andres Wari

Wari, Julia Andres (2012) Analisis kinerja angkutan kota di kota Malang (Studi kasus trayek Hamid Rusdi-Mergan-Landungsari) / Julia Andres Wari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: kinerja, angkutan kota, trayek Malang merupakan daerah potensial untuk perkembangan angkutan umum. Secara fisik, lokasi kegiatan dan pengangkutan merupakan unsur-unsur utama pembentukan kota. Keadaaan pengangkutan yang baik, dalam arti lancar, aman, nyaman, murah dan tertib dapat diasumsikan sebagai kota yang baik. Sebaliknya, pengangkutan yang tidak teratur dapat menunjukkan keadaan kota yang tidak teratur pula.Dari observasi awal oleh peneliti terjadi penurunan permintaan Angkutan kota dalam beberapa tahun terakhir ini, salah satu faktor pemicu adalah menurunnya kualitas kinerja angkutan kota seperti lamanya waktu tempuh akibat berhenti menunggu penumpang sehingga banyak masyarakat yang beralih pada moda transportasi pribadi khususnya kendaraan bermotor roda dua yang sekarang ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau melalui sistem kredit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kesesuaian rute perjalanan faktual angkutan kota trayek Hamidrusdi-Mergan-Landungsari dengan rute perjalanan yang ditetapkan Dinas Perhubungan, (2) kinerja rute dan operasi angkutan kota trayek Hamidrusdi-Mergan-Landungsari. Pengumpulan data menggunakan metode survei offboard dan onboard. Parameter kinerja rute dan operasi adalah load factor, headway, waktu tempuh serta kecepatan kendaraan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat penyimpangan rute perjalanan, pada rute pulang yaitu dari terminal Landungsari menuju terminal Hamidrusdi, (2) load factor offboard pada terminal Landungsari berkisar antara 15-41%, load factor offboard pada terminal Hamidrusdi sebesar 0 %, sedangkan load factor survei onboard rata-rata setiap kendaraan pada rute pergi dan pulang tertinggi sebesar 62%, (3) headway sebenarnya pada terminal Hamidrusdi sebesar 5-8 Menit, headway pada terminal Landungsari antara ideal dan maksimum yaitu 9-12 menit pada interval waktu 06:00-07:00, 4-7 menit pada interval waktu 07:00-16:00, dan 7-15 menit pada interval waktu 16:00-17:00, (4) waktu tempuh secara keseluruhan perjalanan yang diamati adalah 1:41 jam, (5) kecepatan kendaraan antara 9-13 km/jam dan kecepatan rata-rata pada semua kendaraan adalah 11.65 km/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43952

Actions (login required)

View Item View Item