Setiawan, Wahyu (2012) Peningkatan prestasi pembelajaran mata diklat survey dan pemetaan melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada siswa kelas X gambar bangunan SMK Teknologi Nasional Malang / Wahyu Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Kemampuan Berhitung Permainan Mencari Harta Karun Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan berhitung anak kelompok A2 di TA Ar-Ridlo Malang. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang monoton dengan mengerjakan lembar kerja dan dalam proses pembelajaran belum berpusat pada anak. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan permainan Mencari Harta Karun yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung sederhana anak kelompok A2 di TA Ar-Ridlo Malang 2) Apakah permainan Mencari Harta Karun dapat meningkatkan kemampuan berhitung sederhana anak kelompok A2 di TA Ar-Ridlo Malang. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dirancang dalam 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian yaitu kelompok A2 TA Ar-Ridlo Malang sebanyak 20 anak. Intrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) permainan Mencari Harta Karun dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung. Langkah-langkah dalam permainan ini diawali dengan guru menjelaskan berhitung dengan menggunakan metode bercerita. Selanjutnya anak diminta mencari boneka binatang dan koin emas dan menempelkan media tersebut di flannel kemudian anak memberikan angka sesuai dengan jumlah boneka binatang dan koin emas yang didapat. Kegiatan selanjutnya anak mengerjakan lembar kerja penambahan dan pengurangan dengan menggunakan boneka binatang. 2) pada siklus I persentase kemampuan berhitung mencapai 67.3%. Pada siklus II kemampuan berhitung mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 87.3% artinya rata-rata kemampuan berhitung anak kelompok A2 di TA Ar-Ridlo Malang mengalami peningkatan sebesar 20%. Disimpulkan bahwa permainan Mencari Harta Karun dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A2 di TA Ar-Ridlo Malang. Berdasarkan dari penelitian ini disarankan kepada 1) kepala sekolah agar dapat memberikan fasilitas dalam sosialisasi implementasi permainan ini sejalan dengan signifikasi hasil peneliti lakukan. 2) bagi orangtua dan wali murid diharapkan mempunyai kepedulian yang tinggi dan proaktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. 3) bagi peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan permainan Mencari Harta Karun untuk mengembangkan aspek perkembangan anak lainnya seperti bahasa fisik motorik pembiasaan dan seni.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |