Andriani, Hirlina Catur (2012) Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Singosari / Hirlina Catur Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kedisiplinan prestasi belajar. Kedisiplinan besar pengaruhnya dalam menciptakan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan dan keteraturan. Timbulnya sikap disiplin memerlukan proses dan latihan yang cukup lama. Oleh karena itu pengenalan dan penanaman sikap disiplin pada anak dapat dilakukan di rumah dan di sekolah. Dalam kaitannya dengan prestasi belajar siswa di sekolah agar mencapai hasil belajar yang maksimal maka kedisiplinan dalam belajar perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa program keahlian teknik gambar bangunan dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Singosari dan mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Singosari. Jenis penelitian ini adalah expost facto yaitu penelitian yang dalam pengambilan datanya tanpa dilakukan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Singosari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2011/2012. Sampel dipilih dengan cara random sampling yaitu sampel diambil secara acak sedangkan rincian jumlah sampel siswa masing-masing kelas dihitung secara stratified random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama siswa program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Singosari memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi. Dari 60 siswa yang diteliti menunjukkan bahwa 49 siswa (81 67%) memiliki catatan pelanggaran dengan kategori rendah antara 0-2 kali pelanggaran selama semester genap. Kedua Hasil pengujian data menggunakan analisis regresi linier menunjukkan bahwa kedisiplinan (variabel bebas) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (variabel terikat). Sesuai dengan hasil analisis data yaitu kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan dan besarnya pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar sangat tinggi ditunjukkan dengan nilai R square sebesar 0 934 (93 4%) sedangkan beberapa persen sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |