Perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dengan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Singosari / Maya Rosalina

Rosalina, Maya (2012) Perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dengan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Singosari / Maya Rosalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Ekstrakurikuler Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu upaya lembaga sekolah dalam meningkatkan kecerdasan, keterampilan, memperkaya dan memperluas diri. Memperluas diri ini dapat dilakukan dengan memperluas wawasan pengetahuan dan mendorong pembinaan sikap. Kegiatan ekstrakurikuler dapat dijadikan sebagai wadah tempat belajar di luar jam pelajaran dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang berguna bagi siswa yang memiliki minat untuk mengikutinya. Melalui bimbingan dan pelatihan guru, kegiatan ekstrakurikuler dapat membentuk sikap positif terhadap kegiatan yang diikuti oleh para siswa. Kegiatan ekstrakurikuler juga membentuk keterampilan yang bermanfaat nantinya setelah lulus sekolah. Siswa memiliki keterampilan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi sehingga mempermudah untuk bergaul di masyarakat dan terjun di dunia kerja. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dengan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler, (2) untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar berdasarkan ekstrakurikuler yang diikuti, (3) untuk mengetahui adanya perbedaan motivasi berprestasi antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dengan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari 1.175 siswa kelas X dan XI SMK Negeri 1 Singosari Tahun Pelajaran 2011/2012, untuk sampel penelitian terdiri dari 68 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dan 136 siswa tidak mengikuti ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan memakai uji analisis One Way Anova SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian kemudian dilakukan analisis, didapatkan data sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler berkategori B+ dengan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler berkategori C. Nilai mean siswa yang mengikuti ekstrakurikuler 8,75 lebih besar dari nilai mean siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuker yaitu 7,78; (2) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa berdasarkan ekstrakurikuler yang diikuti; (3) terdapat perbedaan motivasi berprestasi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dengan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler berkategori motivasi cukup, sedangkan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler berkategori motivasi rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43949

Actions (login required)

View Item View Item