Variasi penambahan portland cement terhadap kemampuan meredam kebisingan pada panel akustik yang terbuat dari jerami / Rendy Bharata Putra

Putra, Rendy Bharata (2012) Variasi penambahan portland cement terhadap kemampuan meredam kebisingan pada panel akustik yang terbuat dari jerami / Rendy Bharata Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Portland Cement, meredam kebisingan, panel akustik, jerami. Fenomena meningkatnya kebisingan di sekitar bangunan sudah sepatutnya mendapat perhatian serius dari para penghuni bangunan. Diantaranya diatasi dengan menerapkan rancangan-rancangan yang dapat mengurangi masuknya kebisingan ke dalam bangunan sebagai bahan interior. Jerami adalah bahan yang mempunyai karakteristik sebagai bahan peredam kebisingan apabila digabungkan menjadi sebuah panel akustik. Salah satu cara untuk menggabungkan jerami adalah dengan menggunakan portland Cement. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi penambahan portland cement dengan komposisi portland cement 0%, 25%, 50%, 75% dari berat campuran jerami dan lem terhadap kemampuan meredam kebisingan pada panel akustik yang terbuat dari jerami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan persiapan alat dan bahan, tahapan pembuatan sampel, serta tahapan pengujian dan analisis data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan meredam kebisingan pada variasi perbandingan berat portland cement 0% dari berat campuran lem dan jerami sebesar 6.18 dB, rerata variasi perbandingan berat portland cement 25% sebesar 10.66 dB, rerata variasi perbandingan berat portland cement 50% sebesar 12.45 dB, dan rerata pada variasi perbandingan berat portland cement 75% sebesar 13.97. Dari analisis regresi sederhana tingkat signifikansi koefisien korelasi satu sisi dari output yang diukur dari probabilitas menghasilkan angka 0. Angka tersebut menunjukkan bahwa korelasi antara kemampuan meredam kebisingan dengan variasi portland cement sangat nyata terhadap kemampuan meredam kebisingan. Selanjutnya pada hasil analisis dengan Independent Sample t Test, terlihat bahwa semua angka sig menunjukkan angka < 0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan variasi perbandingan berat PC 0% dengan 25%, 25% dengan 50%, dan 50% dengan 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43948

Actions (login required)

View Item View Item