Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran 3DS Max dalam bidang keahlian TGB di SMK Negeri 6 Malang / Arif Kurniawan

Kurniawan, Arif (2012) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran 3DS Max dalam bidang keahlian TGB di SMK Negeri 6 Malang / Arif Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: media pembelajaran, berbasis multimedia, 3ds Max. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Melakukan explorasi dalam pengembangan software pembelajaran mata diklat 3ds Max di SMK Negeri 6 Malang dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia untuk diterapkan sebagai media pembelajaran dan sebagai sumber belajar, (2) Mengidentifikasi kebutuhan bahan pembelajaran dalam bentuk tutorial multimedia untuk mata diklat 3ds Max di SMK Negeri 6 Malang dalam bentuk audio video yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran dan sebagai sumber belajar, (3) Menghasilkan bahan pembelajaran dalam bentuk multimedia untuk mata diklat 3ds Max dalam bentuk CD yang layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di Bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan Multimedia pada mata pelajaran 3ds Max Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan powerpoint yang dikemas dalam bentuk CD (compact disk), sedangkan tahapanrancangan pengembangan media yang dilakukan yaitu : (1) Identifikasi Kebutuhan (Mata Pelajaran dan Siswa); (2) Perumusan Masalah; (3) Spesifikasi Media; (4) Pengembangan Produk (Identifikasi Pembelajaran, Analisa pembelajaran, Materi pembelajaran, Desain Softwere, Pengumpulan bahan, Pengembangan Produk, Pembuatan multimedia); (5) Prototype Multimedia; (6) Validasi dan Uji Coba (Ahli Materi, Ahli Media, Audiens); (7) Revisi; (8) Produk Multimedia. Media Pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli materi dengan persentase total sebesar 83,33%, ahli media pembelajaran dengan persentase total sebesar 93,33% dan hasil uji kelompok kecil dengan presentase 79,09%. Produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan dibuat untuk kebutuhan pengguna saat ini, dalam pemanfaatannya lebih lanjut perlu diadakan revisi berupa penyesuaian kebutuhan pengguna dimasa yang akan datang. Saran dalam pengembangan produk lebih lanjut dapat dilengkapi dengan bahan-bahan yang dianggap dapat memberikan wawasan lebih kepada pengguna dan lebih mengaktifkan peran siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43947

Actions (login required)

View Item View Item