Hubungan antara minat terhadap prestasi belajar pada mata diklat menggambar teknik dasar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Banjarbaru / Harry Topan Maulana

Maulana, Harry Topan (2012) Hubungan antara minat terhadap prestasi belajar pada mata diklat menggambar teknik dasar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Banjarbaru / Harry Topan Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, Diantara faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah minat belajar. Minat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Prestasi belajar dilihat berdasarkan nilai ulangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prestasi siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Banjarbaru (2) mengetahui minat siswa pada mata diklat Gambar Teknik Dasar (3) mengetahui hubungan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Banjarbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Banjarbaru Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Banjarbaru Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 50 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dari kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi bivariat dengan taraf signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) sebagian besar siswa termasuk dalam kategori berminat dengan persentase 76,67%. (2) prestasi sebagian besar siswa termasuk dalam kategori tinggi (3) tidak ada hubungan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, di dapat nilai sig = 0,509 (0,509 > 0,05). Dari hasil penelitian saran yang dapat diberikan adalah: (1) diharapkan penelitian lanjutan menggunakan variabel yang berbeda misalnya faktor kecerdasan, motivasi, bakat, cita-cita untuk mengetahui hal yang dapat membedakan prestasi siswa. (2) untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata diklat Menggambar Teknik Dasar, diharapkan guru menggunakan multi metode pengajaran agar siswa semakin tertarik dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43946

Actions (login required)

View Item View Item