Pelaksanaan metode pembelajaran team teaching pada program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Singosari / Ifa Maulidia

Maulidia, Ifa (2012) Pelaksanaan metode pembelajaran team teaching pada program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Singosari / Ifa Maulidia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: metode pembelajaran, team teaching, gambar bangunan. Pemerintah senantiasa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa yang nantinya bisa sejajar dengan negara lain dan akhirnya mampu bersaing di era global. Berbagai metode digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu metode yang disajikan guna meningkatkan kemampuan siswa di sini adalah Team Teaching. Metode inilah yang saat ini diterapkan di SMK Negeri 1 Singosari untuk meningkatkan kemampuan siswa. Selain untuk meningkatkan mutu , over load tenaga pengajar di sekolah merupakan alasan diberlakukannnya team teaching . Khususnya saat sekarang ini adalah terkumpulnya tenaga pengajar pada disiplin ilmu yang sama di satu sekolah, dalam konteks ini adalah sekolah negeri. Team teaching adalah suatu kegiatan yang melibatkan beberapa orang guru (kolaborasi) yang bertujuan untuk peningkatan mutu. Metode ini juga digunakan untuk menagani suatu persoalan yang dihadapi siswa pada saat kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan SMK Negeri 1 Singosari menerapkan metode pembelajaran team teaching yaitu dengan tersedianya lebih dari satu guru dalam satu kelas, akan membuat siswa bebas meminta pelayanan dalam memecahkan masalah dan mendiskusikannya tanpa adanya batasan-batasan yang biasa mereka temui dalam kegiatan belajar reguler Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode team teaching pada program keahlian gambar bangunan SMKN 1 Singosari, (2) hambatan-hambatan yang terjadi serta (3)upaya yang dilakukan untuk menanggulangi hambatan yang terjadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan bersifat penemuan. Data penelitian yang dipaparkan berupa hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 2 macam sumber yaitu terhadap guru dan siswa. Sedangkan untuk metode observasi, peneliti mengguanakan metode observasi partisipasi (participant observation). Observasi partisipasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan pengindraan dimana observer atau peneliti benar-benar terlibat dalam keseharian responden. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: 1.Reduksi Data, yang terdiri dari proses identifikasi satuan, koding yaitu pemberian kode pada setiap satuan terkecil, 2.Kategorisasi, 3.Sintesisasi. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap lapangan dan pengolaan data. Untuk menjaga keabsahan data digunakan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode perbandingan tetap (Constant Comparative Method) karena membandingkan satu datum dengan datum lain, dan kemudian secara tetap membandingkan kategori dengan kategori lain. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang meliputi : (1) Perpanjangan Pengamatan, (2) Peningkatan Ketekunan dan (3) Triangulasi Paparan data dan hasil temuan yang didapat yaitu berupa profil SMKN 1 Singosari, data responden, hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dikorelasikan dalam tabel triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka disimpulkan 3 kesimpulan yaitu: (1) Pelaksanaan metode pembelajaran team teaching pada SMK Negeri 1 Singosari dilaksanakan oleh dua guru yang mengajar dalam satu kelas, pada hampir semua mata pelajaran dan dapat meningkatkan prestasi siswa., (2) hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan team teaching adalah terjadinya dominasi mengajar, kebosanan dalam mengajar, perbedaan penyampaian materi. (3) upaya dalam menganggulangi hambatan tersebut adalah koordinasi dalam mengajar, mencari aktifitas lain untuk guru yang tidak menerangkan materi., pembagian bab yang akan diajarkan kepada siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43945

Actions (login required)

View Item View Item