Penggunaan bahan pengisi (filler) fly ash, ditinjau dari parameter Marshall pada lapisan aspal beton (laston) / Muhammad Aris I.

Aris I., Muhammad (2012) Penggunaan bahan pengisi (filler) fly ash, ditinjau dari parameter Marshall pada lapisan aspal beton (laston) / Muhammad Aris I. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : filler, fly ash, parameter marshall, laston Diperlukan alternatif campuran-beraspal (Laston) yang dapat diterapkan sehingga mampu mengatasi dan mengurangi kerusakan-kerusakan akibat melemahnya daya ikat aspal terhadap butiran agregat dan filler, baik karena suhu, cuaca, mutu aspal dan agregat, maupun metode pelaksanaan dilapangan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengganti bahan dasar filler alternatif yang memiliki fungsi sama dengan kualitas yang lebih baik yaitu dengan menggunakan Fly ash (abu terbang). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui sifat dan karakteristik aspal; (2) Mengetahui penggunaan fly ash sebagai filler dengan kadar 0%, 80%, 85%, 90%, 95%, 100% mempunyai perbedaan terhadap karakteristik marshall pada campuran aspal beton (laston). Dalam penelitian ini metode penelitian dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan pemilihan bahan, tahapan persiapan dan pembuatan benda uji, serta tahapan penelitian dan analisis data. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa: (1) Dengan bertambahnya kadar fly ash maka nilai stabiltas dan nilai Marshall Quotient campuran aspal akan semakin tinggi. Dari uji statistik menunjukan bahwa ada perbedaan nilai stabilitas dan nilai Marshall Quotient pada Lapisan Aspal Beton (Laston) yang signifikan pada kadar fly ash 90%, 95%, 100%; (2) Selain itu bertambahnya kadar fly ash mengakibatkan nilai flow akan naik, namun pada kadar 85% kembali turun seiring bertambahnya kadar fly ash. Namun uji statistik menunjukan bahwa tidak ada perbedaan penggunaan bahan pengisi (filler) fly ash terhadap nilai flow pada Lapisan Aspal Beton (Laston); (3) Sedangkan bertambahnya kadar fly ash menyebabkan nilainya persentase VIM dan VMA semakin turun, serta uji statistik menunjukan bahwa ada perbedaan nilai VIM dan VMA yang signifikan pada kadar penambahan fly ash 80%, 95%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43941

Actions (login required)

View Item View Item