Penerapan metode project based learning (PBL) pada mata diklat ilmu statika dan tegangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMKN 6 Malang / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2012) Penerapan metode project based learning (PBL) pada mata diklat ilmu statika dan tegangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMKN 6 Malang / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Project Based Learning (PBL), Statika, Tegangan, Hasil Belajar Project Based Learning adalah pembelajaran yang mendesain suasana belajar menjadi sebuah proyek yang komprehensif, didominasi siswa dalam KBM. Statika adalah ilmu yang mempelajari keseimbangan gaya di mana suatu konstruksi yang tetap diam setimbang walaupun pada konstruksi tersebut ada gaya-gaya yang bekerja. Tegangan adalah gaya pada tali atau batang yang menunjang beban yang disebabkan oleh bentangan antara dua titik. Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode Project Based Learning dan meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan kelas X SMKN 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahap-tahap yang digunakan adalah (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian pelaksanaan metode Project Based Learning dapat menunjukkan perubahan sikap dari yang pasif menjadi aktif. Penerapan metode Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Siswa. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui dengan meningkatnya skor hasil belajar klasikal yaitu pada pra siklus mencapai 40%, sedangkan pada siklus 1 mencapai 82,86%. Pada pelaksanaan siklus 2 mencapai 100%, untuk hasil belajar klasikal. Selain itu dalam ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebanyak 9,01 poin. Dari 72,9 pada prasiklus menjadi 81,91 pada siklus 1. Serta 91,57 pada siklus 2. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X GB 1 Program Keahlian Gambar Bangunan SMKN 6 Malang mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar ini diukur berdasarkan skor hasil tes pada akhir siklus, perubahan pola pikir dan keaktifan yang semakain meningkat. Hal ini membuktikan bahwa adanya penerapan Project Based Learning pada mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 6 Malang. Peneliti menyarankan kepada para pendidik untuk menggunakan pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian untuk mata diklat yang sama atau mata diklat yang lain di tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43939

Actions (login required)

View Item View Item