Pengembangan rancangan pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja mata kuliah praktik kayu menggunakan pendekatan pembelajaran model Training Within Industry (TWI) pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Sugiharto

Sugiharto (2011) Pengembangan rancangan pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja mata kuliah praktik kayu menggunakan pendekatan pembelajaran model Training Within Industry (TWI) pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Sugiharto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: rancangan pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja, TWI Beberapa permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan perkuliahan Praktik Kayu di Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang, yaitu (1) metode mengajar konvensional masih menjadi kebiasaan dosen dalam mengajar praktik, dan (2) tidak selalu ada pegangan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja (Job Sheet). Permasalahan tersebut ternyata memiliki dampak pada efektifitas pelaksanaan perkuliahan yang masih belum maksimal. Untuk memecahkan permasalahan pelaksanaan perkuliahan praktik kayu tersebut perlu diterapkan pendekatan dengan model pembelajaran Training Within Industry (TWI), yang berupa pengembangan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja (Job Sheet). Uji coba pengembangan produk dilakukan di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Adapun langkah-langkah pada penelitian dan pengembangan untuk RPP dan Job Sheet antara lain, (1) kajian model pembelajaran TWI, (2) telaah mata kuliah praktik kayu, (3) pengamatan dosen mengajar praktik, (4) melakukan diskusi dengan dosen mata kuliah praktik kayu, (5) mengembangkan RPP dan Job Sheet, (6) melakukan validasi RPP dan Job Sheet oleh validator, (7) melakukan analisis data, (8) revisi draft, dan (9) menyelesaikan produk bahan ajar. Subjek uji coba yang dipakai adalah 1 orang dosen Teknik Sipil sebagai pakar/ahli bidang penelitian pengembangan dan bidang studi, 3 dosen mata kuliah Praktik Kayu, dan 12 mahasiswa angkatan 2008 yang sedang menempuh perkuliahan Praktik Kayu. Analisis data menggunakan skala pengukuran Rating Scale. Hasil analisis validitas untuk Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran 78,5% dan Lembar Kerja 87,2%. Dari hasil validitas tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kedua produk yang dikembangkan dinyatakan valid. Penelitian pengembangan ini diharapkan dapat memiliki manfaat dalam usaha perbaikan efektifitas perkuliahan Praktik Kayu dalam strategi pembelajaran Training Within Industry (TWI) di Jurusan Teknik Sipil. Berdasarkan penelitian dan pengembangan ini, disarankan (1) untuk keperluan pemanfaatan produk: produk pengembangan berupa RPP dan Job Sheet perlu diuji cobakan pada pelaksanaan perkuliahan Praktik Kayu, (2) untuk diseminasi produk ke sasaran yang lebih luas: penelitian pengembangan ini perlu lebih diperluas cakupannya untuk seluruh mata kuliah praktik, (3) untuk keperluan pengembangan lebih lanjut: perlu segera dilakukan uji di lapangan dan hasilnya dapat digunakan sebagai acuan untuk pengembangan produk mata kuliah praktik yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43936

Actions (login required)

View Item View Item