Studi tentang minat dan motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang untuk menjadi guru / Noerman Adi Prasetya

Prasetya, Noerman Adi (2011) Studi tentang minat dan motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang untuk menjadi guru / Noerman Adi Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: minat, motivasi, guru Dalam rangka menciptakan tenaga pengajar profesional di bidang teknik bangunan sesuai dengan tujuan utama dari Prodi PTB UM, diperlukan calon mahasiswa yang telah memiliki minat dengan profesi guru sebagai input dan selanjutnya diberikan motivasi berupa proses pembelajaran terpadu sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, sangatlah penting mengetahui faktor-faktor yang membentuk minat dan motivasi mahasiswa Prodi PTB UM untuk menjadi guru. Permasalahan yang muncul dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana minat mahasiswa Prodi PTB UM untuk menjadi guru dan (2) Bagaimana motivasi mahasiswa Prodi PTB UM untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui minat mahasiswa Prodi PTB UM untuk menjadi guru dan (2) mengetahui motivasi mahasiswa Prodi PTB UM untuk menjadi guru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PTB UM. Sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2007-2009 dengan jumlah 277 mahasiswa, kemudian diambil 30% dari tiap-tiap angkatan per jenis kelamin dengan teknik Propotional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data dengan menggunakan nilai mean. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat mahasiswa Prodi PTB UM untuk menjadi guru berada pada kategori baik dan (2) Motivasi mahasiswa Prodi PTB UM untuk menjadi guru berada pada kategori baik. Apabila mahasiswa Prodi PTB UM telah memiliki minat dan motivasi intrinsik untuk menjadi guru dalam dirinya, maka ia secara sadar akan melakukan suatu kegiatan yang mendukung tujuannya menjadi guru dengan tidak memerlukan ransangan dari luar dirinya. Seorang mahasiswa yang memiliki minat dan motivasi intrinsik selalu ingin maju. Keinginan itu dilatar belakangi oleh pemikiran yang positif, bahwa materi pelajaran yang dipelajari menjadi kebutuhannya yang sangat berguna baik kini maupun saat yang akan datang. Sedangkan minat dan motivasi ekstrinsik yang berasal dari luar mahasiswa bukan hal yang tidak diperlukan dalam pendidikan. Motivasi ekstrinsik merupakan apa yang diinginkan seseorang atau tujuan yang menjadi arah kelakuannya, karena komponen luar tersebut merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh seseorang, dalam hal ini menjadi guru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada mahasiswa Prodi PTB UM, agar dapat menjaga dan meningkatkan minat dan motivasinya untuk menjadi guru yang ditunjang dengan sarana, prasarana, dan sumber belajar yang baik., sedangkan untuk Prodi PTB UM, agar informasi minat dan motivasi mahasiswanya untuk menjadi guru dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan baru dengan pelaksanaan yang optimal demi kemajuan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43934

Actions (login required)

View Item View Item