Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran autocad kelas X di SMK Negeri I Singosari / Rustam

Rustam (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran autocad kelas X di SMK Negeri I Singosari / Rustam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci :pembelajaran kooperatif model jigsaw, motivasi dan hasil belajar Disaat ini masih banyak tenaga pendidik yang menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga suasana belajar terkesan kaku dan didominasi oleh guru. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh banyak tenaga pendidik saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan pada penghafalan konsep buku pada pemahaman. Dalam hal ini, diperlukan guru yang kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh siswa. Suasana kelas perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memperoleh kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain sehingga pada gilirannya dapat diperoleh hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw di kelas X pada mata pelajaran autocad di SMK Negeri 1 Singosari, (2) Mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran autocad melalui penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw 3) Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X di SMK Negeri I Singosari Malang pada mata pelajaran autocad. Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi aktivitas siswa, angket, dan post test. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, diskusi teman sejawat. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian; (1) penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran autocad yang mana pada akhir putaran mencapai sebesar 81,9%; (2) penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran autocad yang mana mengalami perubahan motivasi belajar siswa mencapai kualitas 97,0% dengan kategori (sangat baik); (3) penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran autocad yang ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa, nilai rata-rata siswa pada akhir putaran mencapai 79,09%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43933

Actions (login required)

View Item View Item