Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan sistem penerimaan dan gaya belajar mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Fitriana Kuntoro Aji

Aji, Fitriana Kuntoro (2011) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan sistem penerimaan dan gaya belajar mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Fitriana Kuntoro Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Perbedaan, Prestasi Belajar, Sistem Penerimaan, Gaya Belajar. Pada setiap awal tahun ajaran baru, selalu diadakan seleksi penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM). Persoalan penyaringan mahasiswa merupakan persoalan yang sangat penting, oleh karena itu sistem penerimaan mahasiswa harus dilaksanakan sebaik mungkin agar menghasilkan mahasiswa yang unggul. Sistem penerimaan adalah cara masuk mahasiswa ke FT UM. Dalam sistem penerimaan ini terdapat perbedaan dalam hal tes masuk tiap-tiap sistem penerimaan. Perbedaan tes masuk ini memungkinkan terjadinya perbedaan dalam hal prestasi belajar mahasiswa FT UM. Gaya belajar merupakan cara seseorang untuk menyerap kemudian mengatur serta mengelola informasi tersebut. Gaya belajar merupakan faktor intern dari dalam diri seseorang yang dapat mempengaruhi prestasi belajar, gaya mengajar seorang pengajar harus sesuai dengan gaya belajar dari seorang siswa dengan begitu motivasi belajar siswa akan meningkat dan materi pelajaran yang diajarkan akan lebih mudah diterima. Gaya belajar yang berbeda ini memungkinkan pula terjadinya perbedaan prestasi belajar mahasiswa FT UM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan sistem penerimaan dan gaya belajar mahasiswa FT UM. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif nonekperimental dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FT UM, sedangkan besarnya sampel yaitu 200 sampel. Untuk analisis data digunakan Anava 2 Jalur menggunakan program SPSS for Windows versi 17 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) untuk mengetahui perbedaan variabel antara sistem penerimaan PMDK, Tes Nasional, Tes Mandiri dan gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap variabel terikat prestasi belajar. Dari hasil penelitian pertama diketahui terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar berdasarkan sistem penerimaan (PMDK, Tes Nasional, dan Tes Mandiri). Hasil penelitian yang kedua adalah terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan gaya belajar (Visual, Auditorial, dan Kinestetik). Hasil penelitian yang ketiga diketahui bahwa tidak terdapat interaksi yang signifikan antara sistem penerimaan dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Bagi FT UM dengan mengetahui hasil penelitian mengenai perbedaan prestasi belajar berdasarkan sistem penerimaan, diharapkan dapat menambah jumlah mahasiswa yang masuk melalui sistem penerimaan yang memiliki prestasi belajar yang unggul. Bagi dosen diharapkan untuk dapat menyesuaikan gaya mengajar dengan gaya belajar mahasiswa, sehingga akan meningkatkan prestasi akademik mahasiswa tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43931

Actions (login required)

View Item View Item