Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa pada mata diklat gambar teknik dasar kelas X TGB SMK Negeri 1 Singosari / Marina Ikawati Lisandi

Lisandi, Marina Ikawati (2011) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa pada mata diklat gambar teknik dasar kelas X TGB SMK Negeri 1 Singosari / Marina Ikawati Lisandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : gaya belajar, prestasi belajar. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh suasana lingkungan sekitar dan sifat alami siswa tersebut. Personaliti yang berbeda ini memunculkan gaya belajar yang berbeda antara seorang pelajar dengan pelajar yang lain. Perbedaan gaya belajar secara tidak langsung akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah sebaran siswa peserta mata diklat Gambar Teknik Dasar ditinjau dari gaya belajar, (2)bagaimanakah prestasi belajar siswa pada masing-masing gaya belajar, (3) adakah perbedaan prestasi belajar dan signifikan antara siswa dengan gaya belajar diverger, asimilator, konverger dan akomodator pada mata diklat Gambar Teknik Dasar kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Penelitian ini adalah jenis ex-post facto (pengukuran sesudah kejadian) dengan pendekatan komparatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa kelas X Progaram Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari. Untuk pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, analisis data menggunakan teknik anava satu jalur. Berdasarkan hasil penelitian, dari 63 siswa kelas X Progaram Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari sebanyak 14 siswa (22,2%) memilih gaya belajar diverger, sebanyak 21 siswa (33,3%) memilih gaya belajar asimilator, sebanyak 12 siswa (19,0%) memilih gaya belajar konverger dan sebanyak 16 siswa (25,4%) memilih gaya belajar akomodator. Sedangkan rata-rata prestasi belajar masing-masing gaya belajar siswa menunjukkan bahwa gaya belajar diverger memiliki rata-rata nilai 8,06 , selanjutnya gaya belajar asimilator dengan rata-rata nilai 8,07 kemudian gaya belajar konverger dengan rata-rata nilai 8,02 sedangkan gaya belajar akomodator memiliki rata-rata nilai 8,16. Dari hasil uji anava satu jalur, didapatkan nilai F hitung 1,467 ; db = 3; 59; sig = 0,233 > α = 0,05, maka Ho gagal ditolak. Kesimpulannya adalah tidak ada perbedaan prestasi belajar dan signifikan antara siswa dengan gaya belajar diverger, asimilator, konverger dan akomodator pada mata diklat Gambar Teknik Dasar kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 1 Singosari. Pada penelitian ini tidak terdapat perbedaan prestasi antara masing-masing gaya belajar, namun bukan berarti tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar, karena gaya belajar secara tidak langsung mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk menyesuaikan antara gaya belajar siswa dengan mata diklat Gambar Teknik Dasar, guru dapat menggunakan model pembelajaran model resource based learning (belajar berdasarkan sumber). Bagi siswa, diharapkan mengadaptasi gaya belajar yang sesuai, untuk memperoleh prestasi yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43928

Actions (login required)

View Item View Item