Penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari / Muthoharoh

Muthoharoh (2011) Penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari / Muthoharoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Strategi pembelajaran kreatif- produktif, mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah dengan cara perbaikan proses belajar-mengajar atau pembelajaran. Jika strategi pembelajaran yang digunakan guru menyenangkan siswa, maka siswa akan tekun, rajin, dan antusias menerima pelajajaran yang diberikan. Strategi pembelajaran kreatif-produktif merupakan strategi pembelajaran yang menumbuhkan kreativitas dan produktifitas secara bersamaan serta mengacu pada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari Malang; dan (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: dokumentasi, wawancara, observasi, soal post-tes/tugas, dan catatan lapangan. Setelah itu datadata yang diperoleh dianalisis untuk menjawab semua permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari Malang dilakukan dengan membuat program pembelajaran kreatif-produktif yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, soal post test, lembar penilaian, dan lembar observasi keterlaksanaan penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif untuk siswa dan guru pada setiap tahapan pembelajaran. Selain guru dan siswa hal penting lain yang perlu diobservasi dan sangat mendukung penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif adalah sarana dan prasarana mengajar; dan (2) Dengan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif, aktifitas belajar siswa di kelas serta presatasi belajar yang dicapai oleh siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada: (1) Guru untuk dapat menggunakan strategi pembelajaran kraeatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TGB1 SMK 1 Singosari Malang; (2) Siswa hendaknya banyak berlatih dan membiasakan diri untuk mengeluarkan ide maupun gagasanya. Siswa harus lebih aktif dalam setiap tahap pembelajaran; dan (3) Sebaiknya dalam penelitian mengenai penerapan strategi pembelajaran kraeatif-produktif, dapat diteliti juga faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa baik faktor internal maupun faktor eksternal, sehingga dapat diketahui secara signifikan faktor mana yang paling berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43927

Actions (login required)

View Item View Item