Perbedaan prestasi belajar pada mata diklat menggambar rencana pelat lantai dengan penerapan metode pembelajaran menggunakan multimedia dan metode ceramah untuk siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Herman Sufiyanto

Sufiyanto, Herman (2011) Perbedaan prestasi belajar pada mata diklat menggambar rencana pelat lantai dengan penerapan metode pembelajaran menggunakan multimedia dan metode ceramah untuk siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Herman Sufiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Multimedia, Menggambar Pelat lantai. Prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar yang dipengaruhi oleh perubahan dan pembaharuan dalam segala unsur-unsur yang mendukung pendidikan. Perkembangan dunia teknologi multimedia menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang belajar, memperoleh informasi, beradaptasi dengan informasi, sehingga ada peluang bagi para pengajar untuk mengaplikasikan berbagai teknik pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa SMK Negeri 6 Malang pada Mata Diklat Menggambar Rencana Pelat Lantai belum mencapai hasil yang maksimal, yaitu dengan rata-rata nilai ulangan pada setiap kompetensi dasar kurang dari 70,00. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada Mata Diklat Menggambar Rencana Pelat Lantai dengan penerapan metode pembelajaran menggunakan multimedia dan metode ceramah untuk siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan desain exsperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang. Ruang lingkup penelitian ini terdiri dari variabel bebas (metode pembelajaran) dan variabel terikat (prestasi belajar). Dari hasil tes untuk rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar 86 dan untuk kelas kontrol sebesar 76. Dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 76,12, maka kelas eksperimen dinyatakan lulus, sedangkan kelas kontrol dengan nilai yang masih dibawah KKM dinyatakan belum memenuhi syarat sehingga harus ujian ulang. Jadi prestasi belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada prestasi belajar kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang prestasi belajar dengan melibatkan variabel-variabel lain seperti suasana belajar, fasilitas pembelajaran, teknik belajar, pengaturan waktu belajar, kemampuan belajar, motivasi belajar, dan interaksi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43926

Actions (login required)

View Item View Item