Pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Erik Susanto

Susanto, Erik (2011) Pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Erik Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Keaktifan Berorganisasi, Prestasi Akademik Aktivitas berorganisasi merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa diluar jam belajar dalam rangka mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa. Organisasi tersebut diperlukan oleh mahasiswa sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan yang dimiliki. Tidak dapat dipungkiri banyak pengaruh positif dan negatif dari keikutsertaan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan. Pengaruh positif dari keikutsertaan mahasiswa kedalam organisasi adalah mahasiswa dapat mengaktualisasikan dirinya, mengembangkan kemandiriannya, dan mempunyai cara berpikir yang matang jika berada di tengah masyarakat, sedangkan pengaruh negatif yang mungkin timbul adalah mahasiswa lambat dalam menyelesaikan perkuliaahnya, bahkan mahasiswa yang terlalu idealis terhadap organisasinya rawan drop out (DO). Pandangan ini perlu dikaji lebih jauh karena tidak semua mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi tidak dapat meraih prestasi akademik yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa yang sangat aktif, aktif, kurang aktif, dan tidak aktif berorganisasi, serta besar pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT-UM tahun 2008-2009, dan sampelnya adalah 30% dari populasi. Teknik pengumpulan data untuk variabel keaktifan berorganisasi menggunakan angket dan variabel prestasi akademik menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis varian satu jalan(one way anava). Hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa yang sangat aktif, aktif, kurang aktif, dan tidak aktif berorganisasi. Kelompok tidak aktif dengan kelompok sangat aktif berbeda secara signifikan dengan bilangan signifikansi sebesar 0,005 < 0,05. Kelompok sangat aktif mempunyai prestasi lebih tinggi (IPK rata-rata 3,03) dari kelompok tidak aktif (IPK rata-rata 2,75). Kelompok tidak aktif dengan kelompok kurang aktif berbeda secara signifikan, dengan bilangan signifikansi 0,026 0,05. Hasil dari pengujian untuk mencari besar pengaruh dari keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik, didapatkan hasil nilai R square 0,119. Hal ini berarti 11,9% prestasi akademik dipengaruhioleh keaktifan berorganisasi, sedangkan 88,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa yang sangat aktif, aktif, kurang aktif, dan tidak aktif berorganisasi. Prestasi akademik mahasiswa yang sangat aktif berorganisasi lebih tinggi dari mahasiswa yang aktif, kurang aktif, dan tidak aktif berorganisasi. Sedangkan pengaruh dari keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik relatif kecil (11,9%). Saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi mahasiswa khususnya yang terlibat secara aktif di organisasi harus bisa mencermati pembagian waktu yang tersedia untuk kuliah dengan kegiatan organisasi guna meninggkatkan kualitas dan prestasi akademik, (2) bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sejenis, maka disarankan agar menggunakan subjek yang lebih luas agar didapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43925

Actions (login required)

View Item View Item