Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar kompetensi keahlian membuat gambar rencana balok beton bertulang pada siswa XI GB di SMKN 6 Malang / Anna Zahrotul Fatah

Fatah, Anna Zahrotul (2011) Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar kompetensi keahlian membuat gambar rencana balok beton bertulang pada siswa XI GB di SMKN 6 Malang / Anna Zahrotul Fatah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: pembelajaran kontekstual, prestasi belajar. Berdasarkan pengamatan hasil belajar siswa kelas XI GB 2 SMK Negeri 6 Malang pada kompetensi keahlian membuat gambar rencana balok beton ber-tulang hanya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) saja, yaitu 76,22. Kondisi ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada pengamatan awal pembelajaran, guru menggunakan pendekatan ceramah untuk menyampaikan materinya. Pendekatan yang diterapkan tersebut belum dapat mengaitkan antara materi pembelajaran yang dijelaskan dengan kenyataan yang ada di lapangan atau dengan kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan hal tersebut maka diperlukan suatu pendekatanpembelajaran yang tepat, yaitu dengan cara menerapkan pendekatan pembelajaran kontestual. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), dimana penelitian tersebut terdiri dari dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan tes/ penugasan. Prosedur peneliti-an tindakan kelas yang dilakukan terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan siklus I prosentase siswa yang mendapatkan nilai ≤ 76,22 sebanyak 60,87% dan siswa yang men-dapatkan nilai ≥ 76,22 sebanyak 39,13%. Ketuntasan kelulusan siswa secara klasikal pada siklus I ≤ 76%, sehingga dilakukan remidial untuk satu kelas. Pada siklus II nilai yang diperoleh telah mencapai KKM. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase siswa yang mendapatkan nilai ≤ 76,22 sebanyak 13,05% dan siswa yang mendapatkan nilai ≥ 76,22 sebanyak 86,95%. Siklus I ke siklus II yang telah dilakukan, mengalami peningkatan prestasi belajar sebesar 47,82 %. Perkembang-an siswa setelah pelaksanaan tindakan adalah: (1) siswa aktif dalam pembelajaran, (2) siswa aktif dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat, (3) kerjasama dalam kelompok meningkat, (4) siswa sudah berani mempresentasikan hasil belajarnya kedepan kelas, dan(5) siswa bisa mengerjakan tugas dari guru. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien, dan (2) penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada kompetensi keahlian membuat gambar rencana balok beton bertulang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa XI GB 2 SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43924

Actions (login required)

View Item View Item