Penerapan model belajar tuntas guna meningkatkan hasil belajar mata diklat pendidikan dasar teknik bangunan pada siswa kelas X TKB 1 di SMKN 1 Singosari / Indavul Khoirunnikmah

Khoirunnikmah, Indavul (2011) Penerapan model belajar tuntas guna meningkatkan hasil belajar mata diklat pendidikan dasar teknik bangunan pada siswa kelas X TKB 1 di SMKN 1 Singosari / Indavul Khoirunnikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: penerapan, model belajar tuntas, hasil belajar, pendidikan dasar teknik bangunan Pendidikan Dasar Teknik Bangunan merupakan salah satu bidang ilmu yang menjadi tumpuan bagi kemajuan teknologi teknik sipil. Dalam rangka transformasi teknologi pada bidang teknik sipil menuju masyarakat maju dan modern hendaknya disadari bahwa pembelajaran Pendidikan Dasar Teknik Bangunan tidak semata mata hanya berupa alih pengetahuan saja, tetapi diharapkan siswa mampu menerapkan pengetahuan yang diperolehnya sehingga dapat memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Sesuai dengan cita-cita dari tujuan pendidikan nasional juga, guru perlu memiliki beberapa prinsip mengajar yang mengacu pada peningkatan kemampuan internal peserta didik di dalam merancang strategi dan melaksanakan pembelajaran. Peningkatan potensi internal itu misalnya dengan menerapkan jenis-jenis strategi pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mampu mencapai kompetensi secara penuh, utuh dan kontekstual. Penerapan model belajar tuntas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Pendidikan Dasar Teknik Bangunan yang menurut penelitian awal peneliti terdapat nilai-nilai yang kurang. Pada penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui model belajar yang sesuai untuk pembelajaran mata diklat Pendidikan Dasar Teknik Bangunan. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi/pengamatan, metode wawancara, metode tugas serta tes. Data tersebut kemudian akan dibandingkan dengan kajian pustaka sehingga dapat diambil kesimpulan dan saran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Pendidikan Dasar Teknik Bangunan kelas X TKB1. Berdasarkan penelitian in dapat disarankan dalam proses pembelajaran Pendidikan Dasar Teknik Bangunan digunakan model belajar tuntas untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43923

Actions (login required)

View Item View Item