Hubungan minat menjadi guru dengan prestasi PPL mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Ahmad Fajar Hidayat

Hidayat, Ahmad Fajar (2011) Hubungan minat menjadi guru dengan prestasi PPL mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Ahmad Fajar Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: minat menjadi guru, prestasi. Minat sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan suatu pekerjaan, karena dapat memotivasi individu untuk berbuat atau melakukan sesuatu. Karena itulah, individu akan merasa bahagia dan berhasil dalam pekerjaannya jika minatnya sesuai dengan pekerjaannya. Individu tidak perlu mendapatkan dorongan dari luar apabila pekerjaan yang dilakukannya cukup menarik minat. Demikian juga calon guru akan bekerja dengan sungguh-sungguh jika memang berminat untuk menjadi seorang guru Jenis penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana minat mahasiswa jurusan teknik sipil Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan untuk menjadi guru dan pengaruhnya terhadap prestasi PPL. Penelitian dilaksanakan terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UM yang sudah memprogram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2 (dua) tahun terakhir (tahun 2008 dan 2009). Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang telah di validitas dan reabilitas. Data tentang minat menjadi guru dijaring dengan menggunakan angket sedangkan data tentang prestasi praktek pengalaman lapangan diambil dari nilai akhir PPL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang untuk menjadi guru cukup tinggi. Hasil analisis menyatakan 56,70% (34) dari 60 mahasiswa yang diteliti memiliki minat yang cukup tinggi untuk menjadi guru. Kedua, Dari 60 mahasiswa yang diteliti rata-rata memiliki tingkat penguasaan PPL antara 84% sampai 90% atau memiliki nilai pada rentangan 3,70 sampai 3,99 (A-). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi praktik pengalaman lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang memiliki predikat memuaskan.Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (minat menjadi guru) dengan variabel terikat (prestasi PPL). Hal ini dinyatakan dengan nilai R hitung sebesar 0,762 yang mendekati angka 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43921

Actions (login required)

View Item View Item