Penggunaan strategi problem based learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran statika bangunan di SMK Negeri 1 Blitar / Muhammad Dadang Wibowo

Wibowo, Muhammad Dadang (2011) Penggunaan strategi problem based learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran statika bangunan di SMK Negeri 1 Blitar / Muhammad Dadang Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Strategi Problem Based Learning, proses belajar, hasil belajar. Berdasarkan laporan akademik Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri I Blitar pada awal tahun ajaran semester genap tahun 2008, terungkap bahwa prestasi belajar siswa secara umum belum ada peningkatan secara signifikan. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, dan hal ini cukup menantang para guru di jurusan Teknik Bangunan untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya, dengan tidak mengabaikan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. dapat diketahui bahwa pada pembelajaran di kelas tersebut masih menggunakan metode ceramah dan langsung diberi tugas menggambar tanpa diberi petunjuk terlebih dahulu, sehingga siswa terlihat kesulitan untuk mengerjakan tugas, padahal pembelajaran praktik yang lebih intensif sangat diperlukan oleh siswa SMK. Dengan adanya masalah di atas perlu adanya penerapan metode baru yang nantinya diharapkan mampu mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran yaitu dengan cara menggunakan strategi ÔÇ£Problem Based Learning (PBL)ÔÇØ dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akankah proses belajar mengajar dan hasil belajar dapat meningkat di kelas X Teknik Konstruksi Beton Bertulang (TKBBT) SMK Negeri 1 Blitar dengan diterapkannya Strategi Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dimana penelitian tersebut terdiri dari dua siklus. Adapun hasil dari penelitian tersebut, menurut proses belajar mengajar yaitu dilihat dari dua faktor yaitu tingkat keberhasilan guru dan aktivitas siswa. Dari tingkat keberhasilan guru, pada siklus I tingkat keberhasilan guru dalam mengajar mencapai 68,75% dengan kriteria baik. Pada siklus II tingkat keberhasilan guru dalam mengajar meningkat menjadi 90,625% dengan kriteria sangat baik, dengan kriteria sangat baik pula. Sedangkan menurut aktivitas siswa pada tahap persiapan sampai tahap praktik menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Kemudian menurut hasil belajar siswa yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 61,76%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,29% Adapun hambatan dalam penelitian tiap siklus yaitu di siklus I kelas belum bisa dikondisikan oleh guru sehingga dalam proses pembelajaran siswa masih belum bisa tenang dan belum dapat memusatkan perhatiannya terhadap pelajaran, guru tidak mengkaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya sehingga siswa masih kebingungan untuk menerima materi yang disampaikan, waktu yang digunakan pada setiap tahap tidak sesuai dengan rencana sehingga terjadi kekacauan dalam pembagian waktu, pada saat tahap peragaan guru tidak memperagakan/memberikan petunjuk tentang pemilihan dan penggunaan alat, nilai yang diperoleh siswa belum memenuhi kriteria syarat minimum ketuntasan belajar siswa yaitu 75% dengan perbaikan di siklus II makan hambatan tersebut dapat diatasi Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Statika Bagunan kelas X TKBBT SMK Negeri 1 Blitar dapat meningkatkan proses belajar mengajar, dan (2) Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Statika Bagunan kelas X TKBBT SMK Negeri 1 Blitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43916

Actions (login required)

View Item View Item