Pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang / Poltak Hasugian

Hasugian, Poltak (2011) Pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang / Poltak Hasugian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: sumber belajar, internet Kehadiran internet dengan segala sifat dan karakteristiknya yang khas telah dipandang salah satu alternatif sumber informasi masa depan. Melalui media internet ilmu dapat disebarluaskan secara cepat, tepat, murah dan handal. Jarak dan perbedaan waktu karena faktor geografi tidak menjadi halangan bagi seseorang yang ingin mengakses ilmu pengetahuan. Melalui internet, setiap orang dapat mengakses ke dunia global untuk memperoleh berbagai informasi yang mereka butuhkan dalam segala kebutuhan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar di Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan sampel Propotional Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2007 samapai dengan 2009 sebanyak 90 mahasiswa. Teknik pengambilan data berupa angket dan analisa data yang digunakan berupa statistik deskriptif yang meliputi analisa prosentase, dan diagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar mahasiswa menggunakan internet sejak mereka belum kuliah dengan intensitas penggunaan internet 1-2 hari dalam semingu. Dalam seminggu mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar selama 2-5 jam dan lamanya penggunaan internet dalam satu kali akses selama 2-3 jam, (2) faktor yang memotivasi mahasiswa menggunakan internet sebagai sumber belajar karena dosen menganjurkan untuk mencari refrensi tugas kuliah, selain itu karena internet menyediakan materi pembelajaran dan sumber informasi yang melimpah, up to date dan bervariasi, ingin mendapatkan aplikasi secara gratis, dapat mengakses keperpustakaan, dapat berdiskusi dengan dosen, para pakar, keluarga, sahabat sehingga dapat menambah pergaulan, pengetahuan dan wawasan secara umum, oleh karena itu internet merupakan media yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan media lainnya sehingga dapat menciptakan wadah belajar mandiri dan membuat waktu lebih hemat dalam mengerjakan tugas-tugas, (3) faktor penghambat mahasiswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar adalah karena biaya akses internet masih terasa mahal dan adanya virus yang dapat merusak komputer. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) agar mahasiswa lebih mengenal teknlogi informasi dan giat memanfaatkan internet sebagai sumber sehingga dapat memperluas ilmu pengetahuan dan menunjang perkuliahan secara optimal, (2) diharapkan dosen lebih memotivasi mahasiswa dalam meningkatkan frekuensi pemanfaatan internet bagi mahasiswa dengan cara menugaskan mahasiswa mencari sumber belajar di internet, memberikan tugas melalui internet dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43912

Actions (login required)

View Item View Item