Perbedaan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat gambar teknik dasar SMK Negeri 1 Singosari Malang / Yulis Sumiati

Sumiati, Yulis (2011) Perbedaan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat gambar teknik dasar SMK Negeri 1 Singosari Malang / Yulis Sumiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar Materi yang diajarkan dalam diklat gambar teknik dasar pada pertemuan pertama merupakan dasar bagi pertemuan selanjutnya. Pemahaman siswa pada mata diklat gambar teknik dasar dinilai kurang, hal ini bisa dilihat pada prestasi belajar siswa yang jelek, dan kualitas gambar siswa yang dinilai kurang baik. Setiap siswa pasti mempunyai satu gaya belajar yang menonjol, bisa dilihat dari berbagai macam cara siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dalam mata diklat gambar teknik dasar, sedangkan dalam proses belajar mengajar guru juga memerlukan variasi metode mengajar yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini (1) bagaimana gaya belajar siswa pada peserta mata diklat gambar teknik dasar, (2) bagaimana prestasi belajar siswa pada peserta mata diklat gambar teknik dasar (3) adakah perbedaan antara siswa yang mempunyai gaya belajar visual (X1), gaya belajar auditorial (X2), dan gaya belajar kinestetik (X3) terhadap prestasi siswa pada peserta mata diklat gambar teknik dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gaya belajar siswa pada mata diklat gambar teknik dasar, (2) prestasi belajar siswa pada mata diklat gambar teknik dasar, (3) perbedaan gaya belajar siswa terhadap prestasi siswa pada mata diklat gambar teknik dasar. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif komparatif yaitu untuk mengetahui gambaran umum variabel yang ada dan membandingkan gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat gambar teknik dasar SMK N 1 Singosari malang. Hasil analisis data dapat diketahui 22 siswa atau 44% mempunyai gaya belajar visual, 13 atau 26% siswa mempunyai gaya belajar kinestetik dan 10 siswa mempunyai gaya belajar auditorial atau 20%. Prestasi belajar siswa yang bergaya belajar visual nilai rata-rata prestasi belajar adalah 87,5, nilai rata-rata gaya belajar kinestetik 80,4 dan nilai rata-rata gaya belajar auditorial adalah 79,1. Hasil analisis diperoleh nilai F hitung 1,211 dengan sig 0,305 > alpha 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara siswa yang mempunyai gaya belajar visual (X1), gaya belajar auditorial (X2), dan gaya belajar kinestetik (X3) terhadap prestasi siswa pada peserta mata diklat gambar teknik dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43908

Actions (login required)

View Item View Item