Pelaksanaan pembelajaran berbasis disiplin di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang / Ainur Rofik

Rofik, Ainur (2011) Pelaksanaan pembelajaran berbasis disiplin di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang / Ainur Rofik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran, Disiplin. Peningkatan mutu lulusan sekolah tidak hanya ditentukan oleh kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah, tetapi juga ditentukan oleh faktor pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan tersebut. SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang memiliki visi atau tujuan meningkatkan produktivitas dan keterampilan siswa. Untuk mencapai visi atau tujuan tersebut, pelaksanaan pembelajaran perlu mendapat perhatian sekolah. Salah satu faktor yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah pembelajaran berbasis disiplin. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran berbasis disiplin, pelaksanaan pembelajaran berbasis disiplin, dan evaluasi pembelajaran berbasis disiplin yang ada di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru, serta menggunakan dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, bahwa perencanaan pembelajaran berbasis disiplin di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang menggunakan konsep pendidikan semi militer dengan didukung oleh pendidik yang profesional di bidangnya. Pelaksanaan dengan cara menggerakkan siswa di sekolah untuk membuat siswa belajar dan mentaati peraturan-peraturan sekolah, serta memberi sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan. Evaluasi dilakukan oleh guru dengan cara mencatat setiap pelanggaran yang dilakukan oleh siswa dan memberi hukuman kepada siswa tersebut, serta ada pemberian penghargaan kepada siswa yang mentaati peraturan kedisiplinan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perencanaan pembelajaran di SMK bisa direncanakan dengan berbasis disiplin, yaitu meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menghasilkan lulusan yang unggul dan terampil serta berdisiplin tinggi yang mampu bersaing di dunia industri. Pelaksanaan pembelajaran di SMK bisa dilaksanakan dengan berbasis disiplin, yaitu dengan mengarahkan siswa supaya aktif dalam mentaati peraturan dan sanksi yang berlaku. Evaluasi pembelajaran di SMK bisa dilaksanakan dengan berbasis disiplin, yaitu siswa yang datang terlambat lebih dari sembilan kali akan dikembalikan pada orang tua. Apabila ada siswa yang tidak naik kelas, siswa diberi pengarahan intensif untuk merubah perilakunya dan diharuskan mengikuti kegiatan extrakurikuler di sekolah yang mampu meningkatkan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43905

Actions (login required)

View Item View Item