Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang keahlian bangunan di SMKN 1 Singosari Malang / Daniel Murunsia Ratri Husadhano

Husadhano, Daniel Murunsia Ratri (2011) Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang keahlian bangunan di SMKN 1 Singosari Malang / Daniel Murunsia Ratri Husadhano. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar Siswa Motivasi belajar merupakan faktor psikis. Peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang dan semangat dalam belajar. Motivasi belajar akan mempunyai pengaruh yang besar dalam kegiatan belajar siswa. Dengan naik dan menurunnya motivasi belajar siswa maka guru harus memberikan motivasi kepada para siswanya agar siswa selalu optimis dan lebih percaya diri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan upaya guru dalam memotivasi dengan motivasi belajar siswa pada kelas X bidang keahlian bangunan di SMKN 1 Singosari Malang. Upaya guru dan motivasi siswa saling memiliki hubungan dikarenakan motivasi merupakan tujuan dari upaya guru dan upaya guru merupakan rambu-rambu untuk mengatur motivasi siswa pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singosari Malang Bidang Keahlian Bangunan pada tanggal 12 Maret 2010 sampai 25 September 2010. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah guru pengajar mata pelajaran kelas X dan siswa kelas X Bidang Keahlian Bangunan. Diperoleh menggunakan angket dengan skala interval. Deskripsi analisis hasil penelitian dengan cara menginterpretasikan hasil skor angket ke skala interval. Dari hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa : (1) Motivasi belajar siswa di Bidang Keahlian Bangunan kategori tinggi, dapat dilihat dari nilai skor rata-rata angket motivasi siswa sebesar 56,05; (2) Upaya guru dalam memberikan motivasi belajar siswa di Bidang Keahlian Bangunan kategori tinggi, dapat dilihat dari nilai skor rata-rata angket upaya guru sebesar 69,55. Upaya guru dalam memotivasi siswa dan motivasi belajar siswa tidak memiliki hubungan yang signifikan yang memiliki hubungan yang dikategorikan lemah, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis korelasi dengan skor 0,023 dengan signifikan sebesar 0,475. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan upaya guru kelas X dalam memberikan motivasi lebih ditingkatkan, karena motivasi sangat penting dalam mewujudkan harapan siswa dalam memperoleh nilai yang memuaskan serta mampu berkompetensi dalam berbagai hal sampai memperoleh kesuksesan di masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43904

Actions (login required)

View Item View Item