Respon guru terhadap penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMKN 6 Malang / L. Azizuddin Mansur - Repositori Universitas Negeri Malang

Respon guru terhadap penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMKN 6 Malang / L. Azizuddin Mansur

Mansur, L. Azizuddin (2010) Respon guru terhadap penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMKN 6 Malang / L. Azizuddin Mansur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Respon Guru Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Respon adalah suatu prilaku yang muncul sebagai akibat dari rangsangan kejadian sebelumnya. yang dalam hal ini adalah Respon Guru terhadap penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Adapun latar belakang peneliti mengambil kata kunci Respon hal ini dikarenakan berkaitan dengan arah tujuan dari pendidikan yang telah disusun oleh pemerintah berkenaan dengan peningkatan mutu pendidikan melalui kurikulum baru yaitu KTSP. Dengan diketahui seberapa besar Respon Guru terhadap penerapan KTSP ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur terhadap keberhasilan pendidikan. Hal ini dikarenakan guru mempunyai peran yang sangat penting dalam implementasi KTSP pada khususnya dan keberhasilan dari suatu pendidikan pada umumnya. Dengan latar belakang tersebut maka peneliti ingin menganalisis seberapa besar respon guru terhadap penerapan KTSP di SMK N 6 Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan kuesioner berstruktur dan ianterviw / wawancara yang kemudian dari hasil penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Analisis statistik sesuai dengan karakteristik penelitian yang bersifat kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa guru mempunyai respon serta yang tinggi terhadap penerapan KTSP yang ditunjukkan dengan tingginya tingkat respon guru dalam mengembangkan silabus KTSP berdasarkan prinsip-prinsipnya peran dan tanggung jawab guru dan prosedur pengembangan silabus. Tingginya tingkat respon guru dalam mengembangkan RPP berbasis KTSP mulai dari prinsip pengembangan cara pengembangan dan kinerja guru dalam pengembangan RPP tersebut. Tingginya tingkat guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian berbasis KTSP mulai dari melakukan pre test pembentukan kompetensi post test dan melakukan tindak lanjut dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43902

Actions (login required)

View Item View Item