Perbedaan kualitas mengajar guru yang bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi pada Jurusan bangunan SMK Negeri di Lombok / Lalu Yudia Kasri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kualitas mengajar guru yang bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi pada Jurusan bangunan SMK Negeri di Lombok / Lalu Yudia Kasri

Kasri, Lalu Yudia (2010) Perbedaan kualitas mengajar guru yang bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi pada Jurusan bangunan SMK Negeri di Lombok / Lalu Yudia Kasri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kualits mengajar Guru bersertifikasi Guru belum bersertifikasi. Kualitas merupakan hasil kerja yang dicapai oleh seorang pengajar dalam melaksanakan tugas dan kebijakan sekolah yang diembannya baik yang mencakup pengetahuan sikap maupun keterampilan. Oleh karena itu setiap pengajar harus dapat menunjukkan prestasi kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam lingkungannya. Untuk meningkatkan kualitas mengajar sangat berkaitan erat dengan kualitas guru yang ada. Penelitian ini dilakukan di seluruh SMK Negeri jurusan bangunan di Lombok. Penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi analisis frekuensi prosentase mean grafik dan uji T-Test. dimana populasi penelitian ini adalah guru jurusan bangunan. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Guru bersertifikasi adalah guru yang telah mendapatkan sertifikat yang bertujuan untuk meningkatkan kelayakan seorang guru menjadi agen pembelajaran dan mampu meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Indonesia. Sedangkan guru yang belum bersertifikasi ialah guru yang belum mendapatkan sertifikat guru yang belum bersertifikasi bukan berarti tidak layak untuk meningkatkan kualitas pendidikan akan tetapi. Akan tetapi perolehan sertifikat tersebut harus melalui seleksi yang menentukan guru memperoleh sertifikasi atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahawa (1) Kompetensi kinerja guru yang bersertifikasi lebih baik dari kompetensi kinerja guru yang belum bersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 3 346 2 610 (2) Kompetensi persiapan dan perencanaan kegiatan mengajar guru yang sudah bersertifikasi lebih baik dari kompetensi dan perencanaan kegiatan mengajar guru yang belum bersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 3 407 2 457 (3) Kompetensi kerjasama antara guru dengan peserta didik guru yang sudah bersertifikasi lebih baik dari kompetensi kerjasama antara guru dengan peserta didik guru yang belum bersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 3 412 2 971 (4) Kompetensi penggunaan media pembelajaran guru yang sudah bersertifikasi lebih baik dari kompetensi penggunaan media pembelajaran guru yang belum bersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 3 377 2 212 dan (5) kompetensi kemampuan penilaian dan evaluasi guru yang sudah bersertifikasi lebih baik dari kinerja guru yang belum bersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 3 319 2 929. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk semua guru agar terus melakukan peningkatan kualitas pendidikan dengan mengembangkan kegiatan belajar dan mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan kegiatan belajar mengajar yang mendidik dan membangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43900

Actions (login required)

View Item View Item