Ma'mun, Ahmad Ali (2013) Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn siswa kelas IV semester II tahun 2012/2013 di SDN Plandirejo 2 Bakung Blitar / Ahmad Ali Ma'mun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ma mun Ahmad Ali. 2013. Penerapan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKN Siswa Kelas IV Semester II Tahun 2012/2013 Di SDN Plandirejo 2. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Penilaian Portofolio Asesmen Portofolio Keaktifan Hasil Belajar Penilaian Portofolio pembelajaran dipilih untuk diterapkan di SD Negeri Plandirejo 2 kecamatan bakung kabupaten Blitar Mata pelajaran PKN Kelas IV Semester II karena proses pembelajarannya belum sesuai dengan prinsip belajar sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Selain itu juga pelajaran PKN masih menggunakan metode konvensional yang monoton yaitu aktifitas guru lebih dominan daripada siswa akibatnya guru seringkali mengabaikan proses pembinaan tatanan nilai sikap dan tindakan sehingga mata pelajaran lebih cenderung menjadi mata pelajaran yang jenuh dan membosankan. Alternatif model pembelajaran yang efektif dan efisien yaitu model penilaian berbasis portofolio (portfolio based learning) yang mampu melibatkan aspek kognitif afektif dan psikomotorik siswa serta secara fisik dan mental melibatkan semua pihak dalam pembelajaran dan membantu siswa untuk bebas berpikir berpendapat aktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN dengan menerapkan penilaian portofolio untuk siswa kelas IV semester II di SD Negeri Plandirejo 2. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Dimana pada setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini setiap siklusnya ada 2x pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari tes hasil belajar siswa hasil observasi/pengamatan dan dilengkapi dengan data wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Proses perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti dari siklus I ke siklus II yaitu peneliti lebih merangsang interaksi antar siswa dan peneliti lebih berusaha mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan penilaian portofolio hasil dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran PKN kelas IV semester II di SD Negeri plandirejo 2 meningkat. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 69 40 dan ketuntasan klasikal 60% menjadi sebesar 86 50 dan ketuntasan klasikal 86% pada siklus II. Sedangkan rata-rata keaktifan siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 sebesar 54 8% dan 71 1% menjadi sebesar 83 7% dan 91 2% pada siklus II pertemuan 1 dan 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |