Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang / Dwi Rinasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang / Dwi Rinasari

Rinasari, Dwi (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang / Dwi Rinasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi kompetensi guru motivasi belajar Persepsi adalah pendapat kesan atau tanggapan yang selama ini telah dimiliki atau ada pada masing-masing responden terhadap situasi yang diajukan dalam kuisioner ataupun yang selama ini telah dilakukan atau dikerjakan responden. Dalam hal ini kompetensi guru yang meliputi kompetensi kepribadian guru kompetensi pedagogik guru kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru merupakan objek yang dipersepsi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kompetensi keahlian gambar bangunan SMK Negeri 6 Malang. Teknik pengumpulandata menggunakan angket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar. Faktor tersebut adalah persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru kompetensi pedagogik guru kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru kompetensi pedagogik guru kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Dari hasil analisis data sumbangan efektif secara parsial diketahui bahwa persepsi siswa tentang kepribadian guru merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru agar mempertahankan kompetensi kepribadian yang sudah dianggap baik oleh siswa berusaha untuk terus meningkatkan kompetensi di bidang pedagogik keilmuan dan metode keilmuan sehingga diharapkan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Guru juga hendaknya mengembangkan kompetensi sosial dengan bersosialisasi dan berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik sesama pendidik tenaga kependidikan orang tua peserta didik dan masyarakat sekitar sehingga akan tercipta hubungan dan komunikasi yang baik. Sedangkan para pembaca yang berminat meneliti kasus sejenis sebaiknya menggunakan penelitian sample dan wilayah populasi yang lebih luas dan mengembangkan permasalahan terkait dengan motivasi belajar siswa. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43897

Actions (login required)

View Item View Item