Penerapan metode training within industry (TWI) pada mata pelajaran menggambar konstruksi atap guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GB3 Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Retno Satika Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode training within industry (TWI) pada mata pelajaran menggambar konstruksi atap guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GB3 Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Retno Satika Putri

Putri, Retno Satika (2010) Penerapan metode training within industry (TWI) pada mata pelajaran menggambar konstruksi atap guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GB3 Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Retno Satika Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Training Within Industry (TWI) hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas X GB 3 SMK Negeri 6 Malang yang dilaksanakan oleh peneliti pada tanggal 5 Februai 2010 bersamaan dengan dilaksanakannya matakuliah PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dapat diketahui bahwa pada proses belajar mengajar di kelas tersebut masih menggunakan metode ceramah dan langsung diberi tugas menggambar tanpa diberi petunjuk terlebih dahulu sehingga siswa terlihat kesulitan untuk mengerjakan tugas padahal pembelajaran praktik yang lebih intensif sangat diperlukan oleh siswa SMK. Dengan adanya masalah di atas perlu adanya penerapan metode baru yang nantinya diharapkan mampu mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran yaitu dengan cara menerapkan metode Training Within Industry (TWI) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akankah proses belajar mengajar dan hasil belajar dapat meningkat di kelas X GB 3 SMK Negeri 6 Malang dengan diterapkannya metode Training Within Industry (TWI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana penelitian tersebut terdiri dari tiga siklus. Adapun hasil dari penelitian tersebut menurut proses belajar mengajar yaitu dilihat dari dua faktor yaitu tingkat keberhasilan guru dan aktivitas siswa. Dari tingkat keberhasilan guru pada siklus I tingkat keberhasilan guru dalam mengajar mencapai 68 75% dengan kriteria baik. Pada siklus II tingkat keberhasilan guru dalam mengajar meningkat menjadi 90 625% dengan kriteria sangat baik dan pada siklus III tingkat keberhasilan guru meningkat kembali menjadi 93 75% dengan kriteria sangat baik pula. Sedangkan menurut aktivitas siswa pada tahap persiapan sampai tahap praktik menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Kemudian menurut hasil belajar siswa yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 62 07% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 72 41% kemudian pada siklus III juga meningkat menjadi 86 21% Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode Training Within Industry (TWI) pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi Atap kelas X GB 3 Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang dapat meningkatkan proses belajar mengajar dan (2) penerapan metode Training Within Industry (TWI) pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi Atap kelas X GB 3 Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43896

Actions (login required)

View Item View Item