Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMKN 6 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Wulan Pramita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMKN 6 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Wulan Pramita Sari

Sari, Wulan Pramita (2010) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMKN 6 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Wulan Pramita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramita Sari Wulan. 2010. Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. (II) Drs. Pribadi ST. M.T. Kata kunci lingkungan belajar prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X XI dan XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2009/2010 sebanyak 189 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling. Untuk sampel penelitian berjumlah 88 siswa dari seluruh kelas X Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan . Analisis menggunakan regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantara faktor yang mempengaruhi adalah lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa dan diharapkan dapat digunakan oleh semua pihak yang terkait sebagai dasar untuk menjaga serta meningkatkan kualitas belajar siswa terutama dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam lingkungan keluarga ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa hal ini terbukti dengan nilai sig 0 000 (0 000 0 05). Sedangkan dalam lingkungan sekolah ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa hal ini terbukti dengan nilai sig 0 000 (0 000 0 05). Dan untuk lingkungan masyarakat juga ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa hal ini terbukti dengan nilai sig 0 000 (0 000 0 05). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat baik secara parsial maupun secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi orang tua dan seluruh anggota keluarga diharapkan untuk bersama-sama ikut membangun lingkungan keluarga yang harmonis agar tercipta hubungan yang baik penuh pengertian kasih sayang. (2) Dari pihak sekolah juga agar selalu menyediakan media belajar dan pemenuhan fasilitas sekolah yang memadai dalam upaya meningkatkan prestasi belajar. (3) Kepada siswa diharapkan dapat membagi waktu saat mengikuti atau berpartisipasi dalam kegiatan bermasyarakat tanpa melupakan kewajiban di sekolah. (4) Diharapkan pada semua pihak baik dari orang tua guru maupun siswa itu sendiri agar dapat saling mendukung dan menjaga kehidupan baik di rumah di sekolah dan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43894

Actions (login required)

View Item View Item