PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MANDIRI SUBTEMA ‘HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT’ SEBAGAI BAHAN AJAR DI ERA SOCIETY 5.0 UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR DI SIDOARJO - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MANDIRI SUBTEMA ‘HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT’ SEBAGAI BAHAN AJAR DI ERA SOCIETY 5.0 UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR DI SIDOARJO

Zuhri, Muhammad Saifudin (2023) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MANDIRI SUBTEMA ‘HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT’ SEBAGAI BAHAN AJAR DI ERA SOCIETY 5.0 UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR DI SIDOARJO. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era society 5.0 perkembangan teknologi sangat cepat dan pesat. Kehidupan manusia berdampingan dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, penggunaan teknologi di masyarakat sudah merata. Teknologi yang umum digunakan yaitu android. Banyak kemudahan yang didapat pada penggunaan android termasuk sumber-sumber belajar yang digunakan untuk menambah wawasan atau bahan bacaan. Hasil observasi dan wawancara di SD Muhammadiyah 8 Tulangan terdapat kendala yang dihadapi, yaitu kurang sesuainya tujuan pendidikan dengan kegiatan pembelajaran yang dilapangan. Terlihat kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran tematik dan guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran. Sarana dan prasaran di sekolah sudah baik dan bisa dibilang memadai akan tetapi pada saat pembelajaran guru jarang memanfaatkan sarana prasarana sekolah untuk menunjang pembelajaran dikelas agar siswa dapat termotivasi dalam pembelajaran. Perlunya penelitian dan pengembangan ini sebagai upaya agar siswa dapat termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk yang valid, efektif, praktis, dan menarik. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan di SD Muhammadiyah 8 Tulangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan dari model tersebut yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa buku digital mandiri pada pembelajaran tematik materi subtema 4 hidup rukun dimasyrakat. Buku Digital Mandiri yang dikembangkan menggunakan aplikasi Book Creator dan Canva, yang didalamnya terdapat komponen berupa teks, gambar, suara, dan vidio. Buku Digital Mandiri dapat diakses secara online maupun offline menggunakan PC, Laptop, maupun smartphone. Hasil uji coba produk menghasilkan validasi ahli media 90 %, sedangkan uji coba validasi materi 86 %. Hasil kedua validasi tersebut jika dirata-ratakan termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa melalui soal evaluasi dengan nilai rata-rata 87 dan persentase ketuntasan 92,85%, hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat efektif dan tuntas. Hasil uji coba kepraktisan memperoleh persentase sebesar 95 % dari guru dan 96,72 % dari siswa, termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil uji coba kemenarikan diperoleh persentase siswa sebesar 96,52% yang termasuk dalam kategori sangat menarik. Berdasarkan paparan diatas menunjukkan bahwa buku digital mandiri subtema ‘hidup rukun di masyarakat’ sebagai bahan ajar di era society 5.0 untuk kelas II sekolah dasar layak digunakan dengan kategori valid, efektif, praktis, dan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:00
Last Modified: 25 Sep 2023 06:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item View Item