Pelaksanaan manajemen organisasi belajar pada usaha jasa konstruksi di Kabupaten Sumenep / Yulian Andri Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan manajemen organisasi belajar pada usaha jasa konstruksi di Kabupaten Sumenep / Yulian Andri Purwanto

Purnanto, Yulian Andri (2010) Pelaksanaan manajemen organisasi belajar pada usaha jasa konstruksi di Kabupaten Sumenep / Yulian Andri Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menjawab tantangan persaingan usaha dalam era globalisasi antara lainsemakin banyaknya usaha jasa konstruksi bagaimana memenuhi keinginanpelanggan bagaimana meningkatkan kualitas produk dan pelayanan maka setiapperusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan kompetitif yang didukungintelegensi organisasi untuk mengeola pengetahuan melalui proses belajarberkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaanmanajemen organisasi beajar pada perusahaan jasa konstruksi di KabupatenSumenep serta kendala implementasi organisasi belajar dalam manajemenorganisasi.Variabel yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang organisasibelajar. Dimensi organisasi belajar terdiri dari kemampuan belajar organisasi transformasi organisasi pemberdayaan stakeholder (sumber daya manusia) pengelolaan pengetahuan aplikasi teknologi. Instrumen penelitian yangdigunakan yaitu kuesioner untuk mengukur penerapan organisasi belajar danmengetahui kendala dalam implementasi organisasi belajar dalam manajemen. Penelitian ini bersifat deskriptif dan analisis data yang diperoleh diolahmenggunakan statistik. Populasi penelitian ini 880 perusahaan jasa konstruksi diKabupaten Sumenep. Sedangkan sampel terdiri dari 42 perusahaan yangtergabung dalam Asosiasi GAPEKNAS. Pemilihan sampel penelitian dilakukanmelalui metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan dengantingkat kesalahan sebesar 15 %. Berdasarkan distribusi frekuensi hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)pemimpin perusahaan memiliki kecenderungan menerapkan dimensi kemampuanbelajar organisasi sebanyak tujuh puluh delapan koma enam persen dan yang tidakmenerapkan sebanyak dua puluh satu koma empat persen (2) pemimpinperusahaan memiliki kecenderungan menerapkan dimensi transformasi organisasisebanyak delapan puluh lima koma tujuh persen dan yang tidak menerapkansebanyak empat belas koma tiga persen (3) pemimpin perusahaan memilikikecenderungan menerapkan dimensi pemberdayaan stakeholder sebanyak limapuluh tujuh koma satu persen dan yang tidak menerapkan sebanyak empat puluhdua koma sembilan persen (4) pemimpin perusahaan memiliki kecenderunganmenerapkan dimensi pengelolaan pengetahuan sebanyak delapan puluh lima komatujuh persen dan yang tidak menerapkan sebanyak empat belas koma tiga persen (5) pemimpin perusahaan memiliki kecenderungan menerapkan dimensi aplikasiteknologi sebanyak delapan puluh lima koma tujuh persen dan yang tidakmenerapkan sebanyak empat belas koma tiga persen (6) pemimpin perusahaanmenyetujui adanya kendala implementasi organisasi belajar sebanyak enam puluhsembilan persen dan yang tidak menyetujui sebanyak tiga puluh satu persen.Maka dapat disimpulkan sebagian besar pemimpin perusahaan menerapkandimensi pembentuk organisasi belajar untuk perbaikan strategi manajemen danmeningkatkan efektifitas kerja namun masih ada kendala antara lain adanyakonflik dalam berorganisasi kurangnya kepercayaan keterbatasan sumber dayamanusia dana serta teknologi informasi. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperolehselama penelitian adalah untuk mengimplementasikan organisasi belajar danpengembangan diperlukan adanya komitmen untuk perubahan yang didukungkepemimpinan yang efektif dan bersikap melayani. Para karyawan juga perludidukung untuk memotivasi diri agardapat dan mau belajar serta tumbuh danberkembang. Melalui organisasi belajar akan dihasilkan manajer dan karyawanyang memiliki motivasi dan kompetensi tinggi serta berorientasi pada pelanggan sehingga pada gilirannya mendukung peningkatan kinerja perusahaan. Kemajuanteknologi informasi canggih khususnya yang berbasis elektronik untuk mengelolapengetahuan dalam organisasi perlu dimanfaatkan secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43889

Actions (login required)

View Item View Item