Persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran team teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Joko Abukhori - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran team teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Joko Abukhori

Abukhori, Joko (2010) Persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran team teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Joko Abukhori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abukhori Joko. 2010. Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Metode Pembelajaran Team teaching terhadap Hasil belajar siswa pada Matadiklat Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Pembimbing (II) Hanni Elitasari Mahaputri S.T. M.T. Kata kunci persepsi metode team teaching hasil belajar Dalam meningkatkan kualitas SMKN 6 Malang proses pembelajaran mata diklat teknik gambar bangunan dilakukan dengan metode team teaching masalahnya adalah apakah metode tsb dapat diterima oleh siswa atau bagaimanakah pandangan siswa terhadap metode pembelajaran tersebut. Demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendiskripsikan persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran team teaching dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran team teaching terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Gambar Bangunan. Metode angket dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data menggunakan uji regresi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) mayoritas siswa menyatakan setuju dengan rencana pengajaran yang dilakukan oleh guru namun ada beberapa siswa merasa kurang sesuai dengan kurikulum sekolah. (2) Mayoritas siswa menyatakan setuju dengan prosedur mengajar yang dilakukan oleh guru namun ada beberapa siswa merasa pelaksanaan prosedur berkomunikasi evaluasi dan pengorganisasian ruang kurang sesuai dengan harapan siswa. (3) Mayoritas siswa menyatakan setuju dengan hubungan antar pribadi yang dilakukan oleh guru namun ada beberapa siswa merasa kurang nyaman dengan sikap guru dalam mengembangkan sikap positif pada diri siswa. Kemudian hasil belajar siswa pada mata diklat teknik gambar bangunan dinyatakan lulus dengan nilai baik dilihat dari standar minimal kelulusan yang ditetapkan oleh SMKN 6. Ada pengaruh yang signifikan antara variabel variabel bebas metode pembelajaran team teaching dengan variabel terikat yaitu hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) kepada guru diharapkan untuk lebih diperhatikan lagi dalam penyusunan RP melaksanakan PM dan membina HAP sehingga tidak ada pernyataan siswa menyatakan kurang sesuai dengan penyusunan RP pelaksanaan PM yang kurang sesuai dengan harapan siswa dan pembinaan HAP yang kurang nyaman pada pelaksanaan metode pembelajaran team teaching dikemudian hari.(2) Guru hendaknya lebih membantu siswa dalam memahami dan memanfaatkan potensi atau kelebihan yang ada pada diri siswa menumbuhkan rasa percaya diri dan merangsang siswa agar belajar secara optimal untuk meningkatkan hasil belajar. (3) Bagi peneliti lain hasil penelitian yang berkaitan dengan hasil belajar siswa yang dikaitkan dengan faktor lain yang belum diteliti hendaknya dijadikan masukkan untuk penelitian selanjutnya. Hasil penelitian-penelitian sejenis akan sangat bermanfaat sebagai dasar pengembangan metode pembelajaran dan upaya lainnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43888

Actions (login required)

View Item View Item