Tingkat kompetensi guru ditinjau dari persepsi siswa studi kasus di SMK Negeri 1 Singosari jurusan Bangunan / Fadli - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat kompetensi guru ditinjau dari persepsi siswa studi kasus di SMK Negeri 1 Singosari jurusan Bangunan / Fadli

Fadli (2010) Tingkat kompetensi guru ditinjau dari persepsi siswa studi kasus di SMK Negeri 1 Singosari jurusan Bangunan / Fadli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadli. 2010. Tingkat Kompetensi Guru Ditinjau dari Persepsi Siswa Studi Kasus di SMK Negeri 1 Singosari Program Keahlian Survey dan Pemetaan. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T. Kata Kunci kompetensi guru persepsi siswa Guru adalah pendidik profesional karena secara implisit ia telah merelakan dirinya menerima dan memikul sebagian tanggung jawab pendidikan yang terpikul di pundak para orang tua. Dengan kata lain guru adalah sebagai orang tua murid di sekolah. Seorang guru yang profesional haruslah menguasai semua kompetensi yang ada seperti kompetensi pedagogik kompetensi profesional kompetensi personal dan kompetensi sosial. Dampak dari penguasaan kompetensi ini adalah prestasi siswa. Jika seorang guru tidak memiliki kompetensi yang ada maka akan mempengaruhi minat dan motivasi siswa. Tetapi tidak hanya itu penelitian ini juga melihat bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi guru yang sudah ada. Sebab walaupun guru sudah memaksimalkan kompetensi yang ada tetapi persepsi siswa terhadap guru itu kurang baik maka yang terjadi adalah tidak ada minat dan motivasi siswa yang muncul untuk mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru pada Program Keahlian Survei dan Pemetaan di SMK Negeri 1 Singosari Malang Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Singosari Malang pada Program Keahlian Survei dan Pemetaan. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan teknik penelitian sampel random atau acak. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Survei dan Pemetaan dengan sampel sebanyak 56 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisa data berupa statistik deskriptif yang meliputi analisa frekuensi prosentase mean dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru ada dua indikator yang termasuk dalam kualifikasi sangat baik lima indikator termasuk dalam kualifikasi baik dan dua indikator termasuk dalam kualifikasi kurang baik. Pada kompetensi profesional menunjukan persepsi siswa yang baik untuk semua indikator. Begitu juga untuk kompetensi personal persepsi siswa pada semua indikator termasuk dalam kualifikasi baik. Sedangkan untuk kompetensi sosial siswa juga menunjukan persepsi yang baik untuk semua indikator. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru sering menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik seperti diskusi dan guru juga harus sering memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43884

Actions (login required)

View Item View Item