Analisa kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar kompetensi kenuruan di SMKN 1 Singosari Malang / Eric Ulil Amri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar kompetensi kenuruan di SMKN 1 Singosari Malang / Eric Ulil Amri

Amri, Eric Ulil (2010) Analisa kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar kompetensi kenuruan di SMKN 1 Singosari Malang / Eric Ulil Amri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amri Eric Ulil. 2010. Analisa Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMKN 1 Singosari Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (2) Drs. Pribadi S.T. M.T. Kata kunci kebiasaan belajar prestasi belajar. Mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan pada standar kompetensi menerapkan ilmu statika dan tegangan merupakan elemen yang penting di Teknik Sipil karena sebagai dasar dalam perencanaan sebuah bangunan namun siswa masih merasa kesulitan dalam dasar kompetensi ini. Suatu kebiasaan belajar jika dilakukan secara efisien dan sistematis akan membantu kemudahan belajar yang akhirnya dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Dalam hal ini prestasi belajar menjadi ukuran seberapa besar hasil yang dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMKN 1 Singosari Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 55 siswa kelas X jurusan TGB SMKN 1 Singosari Malang. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) kebiasaan belajar siswa di rumah pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan (Memahami Ilmu Statika dan Tegangan) di SMKN 1 Singosari Malang adalah cukup baik. Hal ini ditunjukkan bahwa banyaknya siswa yang menjawab sering maupun selalu sebesar 64% pada klasifikasi kebiasaan belajar di rumah. (2) kebiasaan belajar siswa di sekolah pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan (Memahami Ilmu Statika dan Tegangan) di SMKN 1 Singosari Malang adalah cukup baik. Hal ini ditunjukkan bahwa banyaknya siswa yang menjawab sering maupun selalu sebesar 68% pada klasifikasi kebiasaan belajar di rumah. (3) Kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan (Memahami Ilmu Statika dan Tegangan) di SMKN 1 Singosari Malang menunjukkan bahwa 40 deskriptor pada variabel kebiasaan belajar hanya 14 deskriptor siswa yang mendapat nilai A dan B banyak menjawab jarang maupun tidak pernah. Sehingga tersisa 26 diskriptor siswa yang mendapat nilai A dan B banyak menjawab selalu maupun sering. Dengan demikian maka dapat dikatakan ada keterkaitan antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa. Saran yang bisa diberikan oleh peneliti adalah untuk siswa diharapkan bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar dengan mengubah kebiasaan belajar yang kurang baik seperti kedisiplinan mengatur waktu belajar di rumah memantapkan hasil belajar dan selalu aktif belajar saat di kelas. Untuk kebiasaan belajar di rumah maupun di sekolah yang sudah cukup baik siswa harus bisa mempertahankannya karena kebiasaan belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43875

Actions (login required)

View Item View Item