Kurniawati, Yundi (2010) Pelaksanaan pembelajaran program keahlian teknik konstruksi bangunan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari Malang / Yundi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawati Yundi. 2010. Pelaksanaan Pembelajaran Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. Pribadi S.T. M.T. Kata Kunci perencanaan pelaksanaan evaluasi Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang mendidik siswa-siswanya untuk dapat terjun langsung ke dunia kerja. Untuk membentuk siswa yang terampil dan siap kerja diperlukan kecapakan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan adalah dengan membuat perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran khususnya pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Malang. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Singosari Malang pada Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan teknik penelitian populasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan sebanyak 51 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisa data berupa statistik deskriptif yang meliputi analisa frekuensi prosentase mean dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Pada pelaksanaan pembelajaran mayoritas termasuk dalam kualifikasi sangat baik dan baik. Indikator lainnya yang termasuk dalam kualifikasi kurang baik atau jarang dilakukan adalah membangun suasana kelas sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan memberi kesempatan siswa untuk melakukan self-assessment (penilaian diri sendiri) peer-assessment (penilaian antar teman). Sedangkan Evaluasi hasil belajar siswa termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Untuk indikator lainnya adalah guru lebih sering menggunakan format evaluasi pembelajaran sebagai jenis evaluasinya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru sering membangun suasana yang menyenangkan sebelum memasuki pelajaran seperti mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari dengan topik/bahasan yang disukai siswa agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan dan membangkitkan motivasi siswa agar lebih giat lagi di dalam proses pembelajaran serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan self-assessment (penilaian diri sendiri) peer-assessment (penilaian antar teman) dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran agar guru mengetahui data-data umum tentang siswa seperti karakteristik hobi latar belakang individual siswa dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43872 |
Actions (login required)
View Item |