Tata ruang sebagai faktor penunjang proses belajar pada hunian komunal mahasiswa / Wiwil Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Tata ruang sebagai faktor penunjang proses belajar pada hunian komunal mahasiswa / Wiwil Yulianto

Yulianto, Wiwil (2010) Tata ruang sebagai faktor penunjang proses belajar pada hunian komunal mahasiswa / Wiwil Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianto Wiwil. 2010. Tata Ruang Sebagai Faktor Penunjang Proses Belajar Pada Hunian Komunal Mahasiswa. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Hanni Elitasari Mahaputri S.T. M.T. (II) Ir. Dian Ariestadi M.T. Kata Kunci tata ruang dalam tata ruang luar proses belajar. Setiap mahasiswa memiliki perbedaan dalam hal selera penataan ruang dan pengaruhnya pada proses belajar. Suasana ruangan yang nyaman dan kondusif mendukung mahasiswa untuk beraktifitas dengan baik khususnya berkaitan dengan aktifitas belajar. Pada hunian komunal mahasiswa dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan komunal yang ada. Oleh karena itu faktor kenyamanan pada hunian komunal perlu diperhatikan untuk menunjang proses belajar dalam bangunan dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan di kos-kosan yang berada pada kawasan-kawasan yang cukup padat dihuni mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data mengenai kenyamanan kos-kosan berkaitan dengan proses belajarnya. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk survei lapangan dan angket kuesioner. Untuk uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji Regresi Berganda Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang siginfikan antara tingkat kenyamanan tata ruang hunian komunal dengan proses belajar mahasiswa sebesar 73 9%. Sedangkan sebesar 26 1% dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dari hasil penelitian tersebut faktor kenyaman hunian komunal perlu diperhatikan guna menunjang proses belajar yang dilakukan oleh mahasiswa. Selain itu disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti kenyamanan tata ruang terhadap proses belajar pada hunian rumah tinggal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43871

Actions (login required)

View Item View Item