Perbedaan penggunaan media LCD terhadap motivasi belajar siswa kelas XI gambar pada mata pelajaran teknik gambar bangunan dengan menggunakan perangkat lunak auto cad di SMK Negeri 6 Malang / Cahyo Tri Anggoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan media LCD terhadap motivasi belajar siswa kelas XI gambar pada mata pelajaran teknik gambar bangunan dengan menggunakan perangkat lunak auto cad di SMK Negeri 6 Malang / Cahyo Tri Anggoro

Anggoro, Cahyo Tri (2010) Perbedaan penggunaan media LCD terhadap motivasi belajar siswa kelas XI gambar pada mata pelajaran teknik gambar bangunan dengan menggunakan perangkat lunak auto cad di SMK Negeri 6 Malang / Cahyo Tri Anggoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggoro Cahyo. 2009. Perbedaan Penggunaan Media LCD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI GB pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Bangunan Dengan Menggunakan Perangkat Lunak Auto CAD di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Program Studi PTB Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Antelas Eka Winahyo M. Pd (II) Imam Alfianto S.T. M.T. Kata kunci media LCD motivasi belajar Seorang guru mempunyai peran yang penting dalam proses pembelajaran. Guru berfungsi sebagai pembuat keputusan yang berkaitan dengan perencanaan implementasi dan evaluasi. Terkait dengan perencanaan bahwa seorang guru harus memilki rancangan srategi untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan walaupun kemampuan diantara mereka tidak sama. Dengan kata lain pembelajaran yang dirancang mampu memenuhi kompetensi materi yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu metode yang dimaksud adalah penggunaan media pembelajaran untuk proses belajar mengajar. Media yang dimaksud disini adalah alat yaitu suatu perangkat keras (hardware) yang dapat mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penggunaan media LCD terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan dengan menggunakan perangkat lunak AutoCAD di kelas XI GB semester gasal tahun ajaran 2009/2010. Pada penelitian ini variabel bebasnya adalah media LCD (X) dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar(Y) dan diprediksikan bahwa perbedaan penggunaan variabel bebas akan sangat berpengaruh terhadap variabel terikat. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan population sampling yaitu teknik pengambilan data yang dilakukan dengan mengambil semua sampel yang ada di dalam populasi karena jumlah sampel dari subjek penelitian ini tidak mencapai 100 orang. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa (1) hasil deskripsi data untuk variabel media LCD baik untuk kelas yang menggunakan media LCD maupun yang tidak menggunakan rata-rata siswa memberikan jawaban sangat tertarik (2) hasil deskripsi data untuk variabel motivasi belajar untuk kelas yang menggunakan media LCD maupun tidak rata-rata siswa memberikan jawaban sangat tinggi(3) dari hasil uji beda di dapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar antara kelas control dengan kelas uji pada mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan dengan menggunakan perangkat lunak AutoCAD di SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43870

Actions (login required)

View Item View Item