Penggunaan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan dasar survey bagi siswa kelas X jurusan survey pemetaan SMK Negeri 1 Singosari / Dandy Himawan Sutanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan dasar survey bagi siswa kelas X jurusan survey pemetaan SMK Negeri 1 Singosari / Dandy Himawan Sutanto

Sutanto, Dandy Himawan (2010) Penggunaan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan dasar survey bagi siswa kelas X jurusan survey pemetaan SMK Negeri 1 Singosari / Dandy Himawan Sutanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan laporan akademik Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri I Singosari Malang pada awal tahun ajaran semester genap tahun 2006 terungkap bahwa prestasi belajar siswa secara umum belum ada peningkatan secara signifikan. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut dan hal ini cukup menantang para guru di jurusan Teknik Bangunan untuk meningkatan prestasi belajar siswanya dengan tidak mengabaikan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Salah satu mata pelajaran yang dianggap momok dan prestasi belajar siswa selalu rendah adalah mata diklat Pendidikan Dasar Survey (PDS). Padahal mata diklat tersebut merupakan mata diklat inti dalam jurusan Teknik Bangunan Program Keahlian Survey dan Pemetaan. Pendidikan Dasar Survey (PDS) merupakan salah satu bidang ilmu yang menjadi tumpuan bagi kemajuan teknologi teknik sipil. Dalam rangka transformasi teknologi pada bidang teknik sipil menuju masyarakat maju dan modern hendaknya disadari bahwa pembelajaran Pendidikan Dasar Survey (PDS) tidak semata 8209 mata hanya berupa alih pengetahuan saja tetapi diharapkan siswa mampu menerapkan pengetahuan yang diperolehnya sehingga dapat memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Dalam belajar Pendidikan Dasar Survey (PDS) siswat tidak hanya belajar konsep 8209 konsep hukum 8209 hukum atau rumus 8209 rumus tetapi juga belajar bagaimana menggunakan konsep -konsep untuk membahas masalah 8209 masalah Ilmu Ukur Tanah yang dapat berupa soal 8209 soal latihan harian maupun soal ujian. Hal ini sangat penting karena salah satu metode yang efektif dalam belajar bidang keteknikan adalah melalui pengerjaan soal 8209 soal baik soal latihan maupun soal ujian (Bhattacharya Mandke. l997) Berdasarkan pengamatan terhadap hasil pembelajaran Pendidikan Dasar Survey (PDS) siswa kelas sepuluh Survey dan Pemetaan (X SP) Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri I Singosari Malang selama ini diperoleh informasi ternyata bahwa hanya kurang dari 5 siswa dari 21 siswa yang mampu memperoleh nilai di atas 9 terdapat sekitar 12 siswa dengan nilai antara 6 s.d 8 dan lebih tragis lagi terdapat 4 siswa yang memperoleh nilai dibawah 6. Kondisi ini menjukkan bahwa kegiatan proses belajar mengajar dalam mata pelajaran Pendidikan Dasar Survey (PDS) mengalami permasalahan yang serius. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti disimpulkan bahwa (l) sebagian besar siswa tidak mampu menerapkan rumus-rumus yang diajarkan untuk memecahkan soal-soal yang diberikan (2) tidak ada usaha dari siswa untuk memecahkan soal-soal yang diberikan (3) tidak ada usaha dari siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pemecahan soal-soal dan (4) kadang-kadang siswa tidak mengerti maksud dari soal yang diberikan. Demikian pula berdasarkan pengamatan awal peneliti terhadap faktor guru disimpulkan bahwa guru juga mengalami beberapa permasalahan seperti (l) mengalami kesulitan metodologi dalam pembelajaran Pendidikan Dasar Survey (PDS) (2) praktik pembelajaran dikelas cenderung didominasi guru (3) guru tidak mampu menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar dan (4) tidak ada usaha untuk memperbaiki proses pembelajaran. Jika permasalah-permasalah tersebut di atas dibiarkan terus maka pencapain tujuan pendidikan di SMK tidak dapat dicapai dengan baik. Oleh karena itu harus ada usaha dari pihak guru untuk menemukan cara untuk mengatasi pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Dasar Survey (PDS) tersebut. Berdasarakan atas kajian beberapa pustaka dan beberapa hasil penelitian bahwa metode yang tepat untuk memecahkan masalah tesrebut adalah dengan penerapan metode pemecahan masalah. Beberapa kajian teoritik dan empiris menunjukkan bahwa penerapan metode pemecahan masalah dalam pembelajaran keteknikan telah terbukti mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi siswa (Bhattacharya Mandke l997 Wankat Oreovic 1995). Hal ini disebabkan karena prosedur metode pemecahan masalah secara hirarkis dan sistematis akan mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam melakukan analisis soal transformasi soal operasi perhitungan pengecekan jawaban dan interpretasi hasil (Mettes et al. 1980). Oleh karena itu penggunaan prosedur metode pemecahan masalah dianggap tepat untuk meningkatkan hasil siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Dasar Survey (PDS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43868

Actions (login required)

View Item View Item