Mitivasi belajar ditinjau dari segi pengelolaan kelas pada siswa kelas X dan kelas XI program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari Malang / Dyah Ayu Paramita Tunggadewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Mitivasi belajar ditinjau dari segi pengelolaan kelas pada siswa kelas X dan kelas XI program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari Malang / Dyah Ayu Paramita Tunggadewi

Tunggadewi, Dyah Ayu Paramita (2010) Mitivasi belajar ditinjau dari segi pengelolaan kelas pada siswa kelas X dan kelas XI program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari Malang / Dyah Ayu Paramita Tunggadewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tunggadewi Dyah Ayu Paramitha. 2009. Motivasi Belajar Ditinjau dari segi Pengelolaan Kelas Pada Siswa Kelas X dan Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Di SMKN 1 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Dian Ariestadi M.T. (II) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd M.T. Kata Kunci pengelolaan kelas motivasi belajar. Guru adalah salah satu faktor penentu bagi keberhasilan siswa dalam belajar sebagai tenaga profesional seorang guru dituntut mampu mengelola kelas untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pembelajaran. Kemampuan seorang guru dalam mengelola kelas dengan baik dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat intelektual dan peranannya yang khas yaitu menumbuhkan gairah merasa senang dan semangat dalam belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan perolehan belajar. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kondisi ruang kelas teknik konstruksi bangunan terasa panas dan pengap akibatnya siswa terlihat kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari yang totalnya adalah 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik angket. Untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengelolaan kelas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Motivasi belajar siswa kelas X dan kelas XI program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari Malang sebanyak 56 9% dipengaruhi oleh pengelolaan kelas sedangkan sebanyak 43 1% dipengaruhi oleh variabel lain diantaranya latar belakang siswa dan keluarga minat lingkungan tempat tinggal siswa dan hubungan antar siswa. Sebanyak 90% siswa menyatakan bahwa pengelolaan kelas secara fisik sudah baik dan 95% siswa menyatakan bahwa pengelolaan kelas secara psikis sudah baik. Dari hasil penelitian disarankan (1)Kepada pihak sekolah untuk lebih memperhatikan kondisi pengelolaan kelas baik secara fisik maupun psikis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (2) Guru hendaknya membantu siswa dalam memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada diri siswa secara optimal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (3) Penelitian yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa yang dikaitkan dengan faktor lain seperti latar belakang siswa minat belajar siswa dan juga lingkungan belajar siswa. Hasil penelitian sejenis akan sangat bermanfaat sebagai dasar pengembangan model pembelajaran dan upaya lainnya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43863

Actions (login required)

View Item View Item