Pentingnya motivasi belajar untuk meraih prestasi belajar bagi siswa program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari Malang / Nugraha Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pentingnya motivasi belajar untuk meraih prestasi belajar bagi siswa program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari Malang / Nugraha Pratama

Pratama, Nugraha (2010) Pentingnya motivasi belajar untuk meraih prestasi belajar bagi siswa program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari Malang / Nugraha Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Mutu pendidikan di sekolah merupakan masalah yang senantiasa menjadi bahan pembicaraan masyarakat hal itu ditandai dengan menurunnya mutu lulusan yang merata pada setiap jenjang pendidikan termasuk mutu lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Menurunnya mutu lulusan sekolah salah satunya disebabkan kurangnya siswa dalam memahami materi pelajaran karena kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar dan prestasi belajar siswa jurusan teknik konstruksi bangunan serta mengukur hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMKN 1 Singosari yang totalnya adalah 33 siswa. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment spearman s karena jenis data pada penelitian ini adalah ranking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Besarnya korelasi antara motivasi belajar dan prestasi belajar adalah 0 904 dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 0 05. Motivasi instrinsik dapat mengarah pada timbulnya motivasi berprestasi semakin tinggi motivasi belajar seorang siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya begitu juga sebaliknya. Dari hasil penelitian disarankan kepada guru untuk semakin meningkatkan motivasi belajar siswanya agar memperoleh prestasi belajar yang lebih baik dan diharapkan kepada sekolah untuk menyediakan fasilitas belajar yang lebih lengkap dan dapat mendukung kegiatan belajar mengajar. Penelitian yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa yang dikaitkan dengan faktor lain seperti tingkat kecerdasan bakat kurikulum sarana dan prasarana serta faktor-faktor lain belum diteliti. Hasil penelitian-penelitian sejenis akan sangat bermanfaat sebagai dasar pengembangan model pembelajaran dan upaya lainnya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci motivasi belajar prestasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43862

Actions (login required)

View Item View Item